KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Rabu, 15 Mei 2013

Wisata Pemandian Brang Bangkat Monteh



KM. Serambi_Brangrea – Berbagai alternative tujuan wisata alam di Kabupaten Sumbawa Barat memang tidak kalah dengan daerah lainnya. Jika di Poto Tano ada Pasir Putih, Lampu Ijo, Pulau Kanawa. Di Jereweh ada Pantai Jelenga, dan air terjun. Di Maluk dan sekongkang ada pantai Maluk dengan ombak besar sebagai tempat berselancar maka di Brang rea sendiri ada Air terjun Rarak Ronges dengan Gua-nya yang eksotis. Akan tetapi ada satu lagi objek wisata yang belum disadari oleh banyak masyarakat yaitu Pemandian Brang Bangkat Monteh.

Tempat yang strategis serta mudah dijangkau dengan kondisi jalan mulus adalah salah satu kelebihan dari objek wisata ini. Letaknya yang tepat berada di bawah jembatan besar menuju desa Bangkat Monteh membuat warga banyak yang memilih tempat ini sebagai tempat wisata alternative. Selain itu dekatnya tempat ini dengan pemukiman penduduk membuat sebagian besar warga memanfaatkan tempat ini sebagai sumber air utama serta kegiatan lainnya seperti mandi, mencuci baju bahkan sampai dengan mencuci sepeda motor.


Setiap pagi dan sore terlihat sangat ramai warga yang memanfaatkan tempat ini untuk aktifitas mandi dan cuci mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Khususnya pada hari sabtu sore atau minggu pagi maka tempat ini akan lebih banyak didatangi oleh warga khususnya kaum muda. Terlihat sekelompok remaja yang sengaja datang dari berbagai desa di Kecamatan Brang Rea untuk berekreasi dan mandi di Brang Bangkat Monteh ini. Air yang jernih dan dingin membuat siapa saja yang mandi akan merasa sangat segar dan ingin berlama-lama berendam.

Seperti dituturkan Tibyan warga Dompu yang kebetulan berkunjung ke Brang Rea dan sengaja mencoba pesona wisata pemandian Brang Bangkat Monteh ini bahwa ia sangat senang sekali. Sungai yang sangat luas dengan lebar puluhan meter, bebatuan yang terhampar, air yang jernih dan dingin menambah betah untuk berlama-lama mandi atau bermain air. Asalkan jangan datang ketika musim penghujan saja karena airnya pasti akan sangat deras sekali tambahnya.

Selain tempat pemandian, disekitar tempat itu juga terdapat bendungan besar yang sering dimanfaatkan warga untuk memancing. Di atas bendungan telah disiapkan beruga’ sebagai tempat istirahat bagi warga yang datang atau kebetulan melintas yang akan menuju ke desa Lamuntet. Walaupun sudah tidak terawat lagi namun beruga’ ini masih bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang akan terus menjadi peluang promosi wisata daerah yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat khsusnya Kecamatan Brang rea.(c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar