KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Senin, 29 April 2013

Pembentukan KKR SMKN 1 Seteluk oleh Dikes KSB



KM. Serambi_Brangrea – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan perilaku hidup sehat dan bersih yang dilakukan karena kesadaran diri dan tanpa paksaan dari orang lain. Sehat adalah investasi pembangunan serta Hak Asasi setiap orang oleh karenanya sangat penting untuk diperhatikan. Selanjutnya sekolah merupakan salah satu tempat bagi anak untuk saling berinteraksi sehingga sangat memungkinkan menjadi tempat penularan penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Oleh sebab itu sangat penting adanya promosi kesehatan guna peningkatan perilaku hidup bersih di sekolah yang dapat dilakukan salah satunya oleh Kader Kesehatan Remaja (KKR).

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Kesehatan telah meluncurkan kegiatan pembinaan Kader Kesehatan Remaja atau KRR. Jika ditingkat Sekolah Dasar dikenal dengan Dokter Kecil maka ditingkat sekolah menengah dikenal dengan KKR. Promosi pentingnya PHBS ini tidak akan efektif jika hanya mengandalkan tenaga kesehatan dari Dikes atau puskesmas saja, akan tetapi sangat diperlukan kerjasama dengan semua pihak termasuk sekolah. Jumat (26/4) Wahyu Fitri Yuliasih, A.Md., Kep., atau Yuli sapaan akrabnya adalah salah seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Seteluk yang sengaja berkunjung ke SMKN 1 Seteluk dalam rangka sosialisasi PHBS sekaligus membentuk KKR. Ia berharap dengan adanya KKR di SMKN 1 Seteluk akan mampu mempengaruhi siswa yang lainnya agar lebih memperhatikan dan menumbuhkan kesadaran akan hidup bersih.
Dalam sosialisasinya disampaikan secara mendetail tentang pentingnya PHBS serta hasil apa saja yang diharapkan dari penerapan PHBS ini. Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan dari siswa ini mengambil tempat di Ruang Guru SMKN 1 seteluk dan didampingi langsung oleh Wakasek Kesiswaan Kanahan, ST. Selama kegiatan berlangsung ada banyak pertanyaan yang dilontarkan siswa, hal ini menggambarkan betapa besar antusiasme siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang pentingnya kesehatan.
Diakhir kegiatan dilakukan pemilihan dan pembentukan pengurus KKR SMKN 1 Seteluk yang diketuai oleh Ferry Irawansyah Kelas X Agribisnis Perikanan. Kemudian akan dilakukan pendampingan oleh Dinas Kesehatan bersama dengan Pembina UKS serta Wakasek Kesiswaan untuk memberikan pemahaman lebih lanjut tetang PHBS dan bagaimana menyebarluaskan PHBS ini ke seluruh lingkungan sekolah atau masyarakat dan dijadwalkan satu kali dalam dua pekan dan akan dimulai pada hari jumat 3 mei 2013. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar