KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Senin, 22 April 2013

Di Balik Arena Barapan Kebo’



KM. Serambi_Brangrea – Meriahnya Pagelaran adu ketangkasan  Barapan Kebo’ kemarin (21/4) di Lang Desa Desaberu Kecamatan Brang rea memperlihatkan sisi menarik dari pemiliki kebo’(kerbau) tersebut. Kegagahan dan ketangkasan kebo’ dalam berlari ternyata tidak lepas dari bentuk kasih sayang dan perhatian yang diberikan oleh si empunya.
Iyek (8 thn) nama sapaanya yang sedang asik mengurusi kebo’nya yang akan turun arena untuk mengadu ketangkasan, terlihat lihai jari mungilnya dalam memberikan perhatian. Dikala tenggang waktu bertanding ia mengurusi kebo’nya dengan memberikan makan sampai dengan menyiramkan air ke tubuh sang kebo’, memang saat itu cuaca cukup terik. Bentuk perhatian dan kasih sayang dari sang anak kepada kebo’nya nampak jelas bahkan bisa dikatakan ada ikatan batin diantara mereka.   

Disamping pemberian pakan yang cukup, nutrisi yang seimbang dari berbagai macam makanan menjadi faktor penentu kesehatan fisik dan psikis kebo’ akan tetapi ini bukan menjadi satu-satunya dikarenakan faktor perhatian dan kasih sayang si empunya juga sangat menentukan. Ikatan batin diantara mereka bukanlah hal yang aneh, semangat dan motivasi dari si kebo’ juga sangat tergantung kepada si empunya. Seperti dituturkan Amid seorang yang pernah memelihara kebo’ barapan ini bahwa kita harus penuh dalam memberikan perhatian. Kebo’ yang kita pelihara harus selalu bersih dan terawat, bahkan sampai dengan kuku kakinya pun tidak boleh berlumpur. Kita saja yang punya kebo’ sampai tidak bisa merawat diri sendiri tambahnya.
Jika dilihat keuntungan dari hadiah perlombaan barapan ini, dirasakan sangat jauh dari biaya perawatan yang dikeluarkan, belum lagi bentuk perhatian setiap harinya bak seorang pangeran. Akan tetapi motivasi hobi dan prestise bagi pemiliki kebo’ jawara mengalahkan segalanya-galanya.(c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar