KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Rabu, 10 April 2013

Simulasi Pengisian LJUN untuk Pengawas Ruangan



KM. Serambi_Brangrea – Teknis pelaksanaan ujian nasional yang agak sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya membuat Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Sumbawa Barat berinisiatif untuk membuat persiapan dari jauh hari khususnya kesiapan pengawas ruangan. Untuk mengurangi kekeliruan ketika pelaksanaan ujian nasional nantinya maka kepada pengawas ruangan diberikan pembekalan berupa Simulasi Pengisian Lembar Jawaban siswa serta teknis pemisahan naskah soal dengan Lembar Jawaban tersebut.
Simulasi ini merupakan tindaklanjut dari rapat koordinasi antara Dinas Dikbud melalui Bidang Dikmenti yang dihadiri oleh Kabid Dikmenti Drs. Saifullah, MM dan Kasi SMK Syamsul Aematis Zarnuji, S.Pd bersama kepala SMK yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat pada hari senin (1/4) di Aula Dinas Dikbud.
Selanjutnya kemarin (9/4) bertempat di Aula Dinas Dikbud telah dilaksanakan sosialisasi tentang teknis ujian nasional oleh Panitian UN dari Unram kepada Kepala Sekolah dan Pengawas tingkat satuan pendidikan.
Adapun target dari kegiatan simulasi ini adalah 64 orang pengawas dari delapan SMK negeri dan swasta yang ada di Sumbawa Barat. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan penguasaan pengawas ruangan dalam mengatur dan mengontrol pelaksanaan ujian nasional dalam ruangan. Selain itu kekeliruan siswa dalam pengisian identitas tidak terjadi lagi seperti pada tahun-tahun sebelumnya yang akan merugikan siswa bersangkutan. Selanjutnya jika melihat bentuk naskah dan lembar jawaban yang menjadi satu paket maka ketika akan dipisahkan sangat dibutuhkan ketelitian serta kontrol yang baik dari pengawas. Hal ini bertujuan untuk menekan kesalahan yang dapat merusak LJUN sehingga tidak bisa terbaca oleh alat scan jawaban.
Kegiatan yang diprakarasai oleh MKKS SMK ini berlangsung dari jam 09.00 pagi ini (10/4) di ruang praktik SMK Kesehatan Sumbawa Barat. Sedangkan materi langsung disampaikan oleh Kasi SMA Mulyadi, S.Pd., M.Pd yang didampingi oleh Kepala SMKN 1 Taliwang, SMKN 1 Seteluk, dan SMKN 1 Brang Rea. Materi tentang petunjuk umum pelaksanaan Ujian Nasional sampai dengan proses Pengisian LJUN diuraikan dengan jelas, kemudian bagi Pengawas ruangan yang masih belum jelas tentang apa yang telah disampaikan diberikan kesempatan untuk bertanya sehingga tidak ada keraguan ketika pelaksanaan nantinya.
Seperti yang dituturkan Eka Marlina As., S.Kel. salah seorang pengawas dari SMKN 1 Seteluk yang mendapat tugas melakukan pengawasan di SMKN 1 Brang rea bahwa ia sangat bersyukur dengan adanya simulasi ini. Semoga dengan simulasi ini akan menambah kemantapan kami semua dalam melaksanakan tugas pengawasan. Ditambah lagi jumlah paket soal sebanyak dua puluh paket sehingga antar siswa dalam satu ruangan tidak ada yang mendapat paket yang sama. Oleh karenanya paling tidak tingkat kekeliruan kami dalam mengontrol pelaksanaan ujian sampai dengan pengempakan lembar jawaban bisa diminimalkan agar tidak merugikan siswa tandasnya. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar