KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Jumat, 30 Agustus 2013

Sosialisasi Tips Aman Memasak Menggunakan Kompor Gas Bagi Warga

KM. Serambi_Brangrea – Walaupun pemerintah sudah sangat gencar mencanangkan konversi minyak tanah menjadi Gas akan tetapi tidak sedikit dari masyarakat sendiri yang menolak dan tetap menggunakan minyak tanah. Hal ini tentunya sangat beralasan karena tidak jarang pemberitaan dari berbagai media yang menggambarkan kecelakaan ataupun kebakaran yang diakibatkan oleh penggunaan kompor gas. Oleh karena itu Tim dari Kopana (Koperasi Purna Karyawan Pertamina) melaksanakan program sosialisasi tentang tata cara yang benar dalam menggunakan kompor gas dikarenakan selama ini banyaknya kecelakaan yang diakibatkan oleh tidak tepatnya cara penggunaan kompor gas tersebut.
Kegiatan yang dipusatkan di Kabupaten Sumbawa Barat dalam beberapa pekan terakhir ini sengaja dimulai dari insntansi ataupun kantor pemerintah. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mudahnya penyampaian materi serta kemudahan dalam mengkoordinir kelompok masyarakat. Seperti yang dilakukan beberapa hari lalu bagi warga SMKN 1 Seteluk yang mana guru dan staf karyawan sangat antusias dalam mengikuti penyampaian materi. Dituturkan Gufran salah seorang guru bahwa selama ini kebiasaaannya dalam menggunakan kompor gas ternyata kurang tepat, namun dengan adanya informasi ini sudah menambah pengetahuan yang tepat dalam menggunakan kompor gas. Hal senada juga diutarakan Ofiek bahwa baru kali ini saya mengetahui tata cara yang sebenarnya dalam menggunakan kompor gas, jadi untung saja selama ini tidak sampai menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan akibat penggunaan kompor gas yang tidak tepat.

Adapun Tips yang disampaikan oleh Angga S. David Tim dari Kopana sebagai berikut:
1  .       Kecelakaan selama ini tidak disebabkan oleh kompor akan tetapi kebanyakan disebabkan oleh kebocoran gas baik itu dari selang ataupun regulator.
2   .       Selama ini kebiasaan masyarakat hanya mematikan api kompor hanya dari tombol yang ada pada kompor saja dan kita tidak pernah menyadari bahwa dalam kondisi seperti itu dapat menyebabkan kebocoran gas akibat desakan gas terus menerus kedalam selang pengubung. Oleh karena itu cara yang tepat untuk mematikan api adalah selain mematikan melalui tombol yang ada pada kompor harus disertai dengan menghentikan suplay gas dari tabung dengan memutar 90 derajat kran pengunci pada regulator.
3   .        Jika terjadinya letupan api dari kebocoran gas maka langkah penanganannya harus dengan langsung mencabut regulator pada tabung bukan dengan menyiramnya dengan air.
4   .       Jika terdapat aroma gas disekitar kompor maka segera cabut regulator dan bawa tabung gas keluar untuk mengecek kebocoran.
5  .        Ketika membeli gas harus diperiksa terlebih dahulu kondisi tabung baik itu fisik ataupun waktu kadaluarsa tabung yang tertera pada sisi tabung.

Demonstrasi yang disampaikan oleh Tim Kopana sangat menarik perhatian peserta, banyak informasi yang selama ini tidak diketahui bisa didapatkan dari kegiatan sosialisasi ini. Bahkan salah seorang guru Suhada selama ini belum berani menggunakan kompor gas karena trauma dengan maraknya pemberitaan miring dari penggunaan kompor gas yang pada akhirnya berani memutuskan untuk beralih menggunakan kompor gas. Ia sangat mantap dengan pemaparan tips aman menggunakan kompor gas serta bertekad turut menyebarluaskan informasi tips aman ini kepada warga masyarakat yang lain guna turut menyukseskan program pemerintah untuk mengkonversi mitan ke gas. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar