KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Sabtu, 21 September 2013

Menyulap Pekarangan Rumah Jadi Kebun Sayuran

KM. Serambi_Brangrea – Waktu luang tidak dibiarkan berlalu begitu saja bagi Ibu Eja warga Brang Rea. Selain berprofesi sebagai peternak itik ia bersama suaminya juga memanfaatkan lahan kosong atau  sebagian dari pekarangan rumahnya untuk ia tanami dengan aneka sayuran.

Selain faktor tingginya kebutuhan hidup saat ini, naiknya harga barang terutama kebutuhan pokok membuat Ibu Eja berinisiatif memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang ia miliki termasuk pekarangan rumahnya. Ia menanami pekarangan rumahnya dengan aneka sayuran seperti kacang panjang, bayam, mamia, ubi, tomat, cabai, dan bawang. Saat ditemui kemarin jumat (20/09) disela kesibukannya mengurus kebunnya ia menuturukan bahwa dengan menanam sendiri beberapa jenis sayuran paling tidak bisa mengurangi pengeluaran untuk beberapa kebutuhan dapur. Tidak hanya itu saja tetangga sekitar ada yang sengaja datang untuk membeli beberapa jenis sayuran, bisa jadi tambahan penghasilan juga tambahnya sembari tersenyum.


Beberapa hari lalu salah satu desa di Kecamatan Brang juga telah mengikuti lomba pemanfaatan lahan pekarangan sebagai kebun kecil Tingkat Provinsi, hanya saja jangan sampai semangat untuk pemanfaatan lahan pekarangan ini hanya terhenti sampai disitu saja. Akan lebih baik jika warga secara berkelanjutan bisa terus memanfaatkan semua potensi yang dimiliki agar lebih bermanfaat seperti yang dilakukan Ibu Eja. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dapur, dengan pemanfaatan pekarangan sebagai kebun kita telah turut serta membuka ruang terbuka hijau guna mengurangi emisi buangan kendaraan karena pembangunan pemukiman di Kecamatan Brang rea khususnya di pinggir jalan raya kian pesat. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar