KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Rabu, 25 September 2013

Komunitas Kampung Media Fasilitasi Verval NUPTK

KM. Serambi_Brangrea – Kesibukan PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) sejak akhir Juni 2013 yang lalu sampai dengan saat ini masih terlihat. Keharusan bagi PTK untuk melakukan Verifikasi dan Validasi (Verval) data membuat Guru selaku tenaga pendidik ataupun Staf Tata usaha selaku tenaga kependidikan harus bekerja keras untuk bisa menyelesaikan proses tersebut. Kendala yang dihadapi dalam proses Verval ini adalah system on-line yang dianggap sangat menyulitkan bagi sebagian besar PTK khususnya yang jauh dari perkotaan. Oleh karenanya Anggota Komunitas Kampung media Sumbawa Barat yaitu KM. Instan Poto Tano, KM. Mesra Seteluk, dan KM. Serambi Brangrea bersama-sama memfasilitasi verval system online menggunakan sarana internet yang dimiliki.

Bagi masyarakat atau PTK yang berdomisili di perkotaan masalah system online tidaklah menjadi permasalahan, akan tetapi kondisi sebaliknya dialami tidak sedikit dari jumlah PTK yang jauh dari perkotaan. Hal ini dikarenakan jaringan internet atau jaringan Telkom belum sampai ke wilayah pedesaan, tentunya ini menjadi kendala untuk pemasangan jaringan internet. Satu-satunya alternative yang bisa diambil adalah dengan menggunakan jaringan GSM yanga ada dan ini agak sedikit menyulitkan bagi sebagian orang karena harus disertai dengan modem.

Komunitas kampung media yang telah dibekali dengan sedikit kemampuan menggunakan internet disertai dengan fasilitas internet mencoba memberikan solusi permasalahan tersebut. Masyhuri anggota KM. Instan Poto Tano yang kebetulan menjadi pengajar di SMKN 1 Seteluk menyiapkan perangkat wifi yang dimilki untuk digunakan secara bersama oleh PTK yang ada di sekolah tersebut. Lumayan bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan orang banyak ujar Masyhuri. Fasilitas ini juga kan diberikan oleh pemerintah jadi sangat tepat sekali jika bisa dimanfaatkan juga oleh orang lain tambah Hendra anggota KM. Mesra Seteluk sembari membantu PTK yang kesulitan melaksanakan verval. Hal yang senada juga dilakukan oleh Ani Anggota KM. Serambi Brangrea yang turut membantu sebagian PTK yang ada di SMPN 1 Brang Rea.

Salah seorang Pendidik peserta Verval Sahriani mengucapkan terima kasih yang sebesarnya-besarnya atas bantuan fasilitas serta bimbingan dari teman-teman Komunitas Kampung media selama kegiatan verval berlangsung. Khususnya bagi PTK yang berusia tua sangat kesulitan dalam menggunakan fasilitas internet dikarenakan termasuk masih asing bagi mereka. Jangankan internet computer saja masih sangat baru bagi mereka.  Pelaksanaan verval yang berakhir Bulan September ini sudah hampir rampung bagi PTK yang ada di SMKN 1 Seteluk ataupun SMPN 1 Brang rea, hal ini juga terlepas dari kerjasama semua pihak termasuk Anggota Komunitas Kampung Media. (c_benk VH)

1 komentar: