KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Jumat, 26 Juli 2013

Harga Bawang dan Cabai Masih Meroket



KM. Serambi_Brangrea – Keluh kesah ibu rumah tangga terlihat ketika berbelanja di pasar umum taliwang, mengapa tidak harga-harga barang kebutuhan sehari-hari melambung tinggi. Padahal beberapa waktu lalu harga sudah mulai beranjak stabil. Kenaikan harga BBM ditambah dengan permintaan yang tinggi di bulan ramadhan menyebabkan harga kebutuhan pokok terutama bawang merah dan cabai terus meroket.

Jika pada hari-hari biasa dan bulan-bulan sebelumnya harga bawang merah masih berada pada kisaran Rp.15.000/kg kemudian menjelang ramadhan harga bawang sudah mulai beranjak pada harga Rp.40.000/kg dan pada saat ini harga sudah meroket pada kisaran Rp.60.000/kg. Sungguh sangat memberatkan bagi masyarakat kebanyakan. Seperti dituturkan Ani waga Brang Rea bahwa harga kebutuhan pokok saat ini sangat mencekik. Jangankan bawang merah bahkan sampai jeruk sambal, dan terong pun harganya naik dua kali lipat. Terong ungu yang menjadi bahan pembuatan pesal dulunya masih dihargai Rp.2.000/3 buah akan tetapi sekarang sudah dihargai Rp.5.000/3 buah. Apalagi harga cabai sudah mencapai kisaran harga Rp.80.000,- sampai dengan Rp.100.000/kg.

Kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu telah memberikan dampak besar terhadap harga barang di pasaran, tidak hanya barang kebutuhan pokok saja barang-barang kebutuhan lainnya juga sudah mulai beranjak naik. Oleh karena itu perencanaan keuangan yang tepat menjadi salah satu solusi untuk menyikapi keadaan yang cukup sulit saat ini. Masyarakat harus lebih cermat dan lebih kreatif mengupayakan langkah pemenuhan kebutuhan sehari-hari dengan cara yang lain. Seperti yang ditempuh oleh Indrajaya warga Brang rea yang memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam tanaman cabai, terong, tomat, sayuran dan sebagainya. Inilah cara yang bisa saya lakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan tamanan sayuran yang ada di pekarangan rumah paling tidak bisa mengurangai pengeluaran sehingga uang yang ada bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya ungkap Indrajaya.
 
Harga barang yang sudah melonjak sangat sulit untuk bisa stabil kembali dalam waktu yang singkat. Hal ini juga tidak mungkin dihindari sehingga langkah-langkah kreatif seperti yang telah dilakukan oleh Indrajaya dengan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai kebun kecil dan perencanaan keuangan yang tepat dapat menjadi salah satu solusi dan sangat membantu dalam proses pemenuhan kebutuhan sehari-hari. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar