KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Minggu, 21 Juli 2013

Kuliner Ramadhan: 30 Puasa 30 Pesal


KM. Serambi_Brangrea – Siapa yang tidak mengenal kuliner khas Sumbawa yang satu ini, jika di Sumbawa bagian timur dan sebagian Sumbawa Barat disebut sepat sedangkan di Brang rea sendiri disebut dengan Pesal. Namun secara rasa dan bahan baku pembuatannya hampir sama dan yang menjadikan kuliner yang satu ini semakin special adalah sangat identiknya penyajiannya sebagai menu utama pada bulan ramadhan atau bulan puasa.
Telu pulu puasa telu pulu pesal (tiga puluh puasa tiga puluh sepat.red) adalah ungkapan yang diucapkan oleh Nana warga desa Belo. Hal ini menggambarkan betapa pentingnya penyajian menu yang satu ini sebagai takjil berbuka puasa. Rasa sedikit asem dan segar membuat menu ini menjadi tetap nikmat walaupun setiap hari dinikmati. Tidak pernah ada rasa bosan atau enek untuk menyantapnya bahkan tidak lengkap rasanya ibadah puasa tanpa takjil yang satu ini tambahnya. Bahan-bahan pembuatan sepat sendiri berupa berbagai jenis sayur mentah atau disajikan tanpa dimasak terlebih dahulu diantaranya buyak (rotan muda), aru, lomo ketimes, terong, dan berbagai bumbu dapur lainnya.
Memang ada banyak jenis kuliner lain khas Sumbawa ataupun kuliner modern lainnya namun yang satu ini tetap menjadi primadona. Selanjutnya antusiasme masyarakat untuk menyajikan menu ini pada saat berbuka memberikan dampak pada peningkatan jumlah permintaan berbagai jenis sayur bahan pembuatan sepat atau pesal serta ikan air tawar atau air laut sebagai bahan utama. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar