KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Sabtu, 27 Juli 2013

H-13 Lebaran Arus Mudik Sudah Mulai Ramai



KM. Serambi_Brangrea – Antusias warga dalam menyambut lebaran atau hari raya idul fitri 1434 H tahun ini cukup besar. Hal ini ditandai dengan semaraknya persiapan pulang kampung atau mudik di seluruh wilayah Indonesia tidak terkecuali di Brangrea. Brangrea bisa dikatakan wilayah yang tidaklah begitu besar seperti kota lain di Indonesia. Akan tetapi khususnya di wilayah Sumbawa Barat, Brangrea termasuk berpenduduk heterogen artinya merupakan campuran orang-orang dari berbagai daerah. Hal inilah yang menjadikan kegiatan mudik bisa dirasakan adanya di Brangrea.

Suatu wilayah yang apabila penduduknya hanya berasal dari daerah itu saja maka dapat dipastikan kegiatan mudik tidak akan bisa terlihat adanya, hal ini dikarenakan mudik akan terjadi jika penduduk wilayah tersebut didominasi oleh pendatang dari luar daerah. Brangrea berpenduduk heterogen yang mana penduduknya banyak didominasi oleh orang Lombok dan Jawa. Masyarakat pendatang ini ada yang berprofesi sebagai petani, pedagang, karyawan swasta bahkan ada yang menjadi pegawai. Oleh karenanya moment hari raya idul fitri inilah yang dijadikan ajang pulang kampung setelah sekian lama merantau atau beradu nasib di daerah orang. Tidak terkecuali penduduk yang ada di desaberu, desaberu semenjak dahulu telah dikenal sebagai Jogja Kecil atau Jogjanya Sumbawa barat. Penduduk Desaberu juga banyak yang berasal dari Lombok atau Pulau jawa. 


Hari raya idul fitri atau lebaran yang tidak kurang 13 hari lagi ternyata telah membuat sebagian warga pendatang tidak bersabar untuk segera pulang ke kampung halaman guna bertemu sanak keluarga. Seperti dituturkan Kus warga desaberu bahwa ia telah mempersiapkan mudiknya hampir satu tahun, mengapa tidak hal ini dikarenakan Pak Kus sudah beberapa tahun tidak pernah mengunjungi orang tua dan sanak family yang berada di Kalimantan. Moment lebaran ini adalah momen yang paling tepat untuk menunaikan hajat bersilaturrahmi. Ia juga tidak lupa membawa seluruh anggota keluarganya yang kebetulan adalah warga asli Brangrea untuk bertemu langsung dengan keluarga besarnya yang ada di Kalimantan. Saya harus mengusahakan perjalanan lebih awal karena dikhawatirkan semakin dekat dengan lebaran maka arus mudik semakin ramai, belum lagi harga tiket yang dapat dipastikan akan melonjak sangat tinggi ungkap Kus.
 
Untuk keamanan bagi pemudik disarankan agar lebih berhati-hati kemudian tidak menggunakan perhiasan berlebihan. Bagi pengguna sepeda motor agar memperhatikan kondisi serta kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK. Semoga perjalanan anda nyaman serta selamat sampai tujuan. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar