KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Rabu, 09 Oktober 2013

Aneka Usaha KM. Serambi Brangrea


KM. Serambi_Brangrea – Dalam rangka menyongsong kampung media mandiri 2015 maka kepada seluruh komunitas kampung media diharapkan untuk giat mengembangkan wirausaha di daerahnya masing-masing. Harapan ini terlontar dalam pengarahan Bapak Fairuzzabadi, SH selaku coordinator kampung media provinsi NTB pada acara Rakornis Kampung media di Lombok Raya Hotel beberapa waktu lalu. Komunitas kampung media serambi brangrea menyambut harapan tersebut dengan mencoba mengembangkan usaha laundry yang tergolong masih sangat baru di Kecamatan Brang rea.
Anggota Komunitas KM serambi brang rea yang terdiri dari berbagai latar belakang seperti Peternak, Ibu Rumah Tangga, Pegawai, dan Guru ini mencoba berkolaborasi mengembangkan potensi dari profesinya masing-masing. Berdasarkan potensi yang berbeda ini diharapkan akan muncul ide pengembangan yang mengarah kepada peningkatan kapasitas wirausaha. Seperti yang telah dilakukan oleh KM Serambi Brang rea yang walaupun belum memiliki PLIK sudah sedikit berfikir kreatif dengan satu unit kartu internet unlimited untuk dimanfaatkan sebagai peluang wirausaha. Caranya yaitu dengan memanfaatkan fasilitas tersebut untuk memfasilitasi pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum di kecamatan Brang Rea yang membutuhkan internet. Selain dimanfaatkan oleh anggota komunitas sendiri untuk mempublikasikan coretan-coretan kampung ternyata bisa menjadi salah satu peluang usaha. Dengan tarif Rp.2000 s/d Rp.5000 perjamnya tergantung pada kemampuan si pengguna untuk membayar, maka dalam sehari komunitas bisa mendapatkan sedikit pemasukan belum lagi tambahan dari layanan jasa print.

Beberapa waktu terakhir ini komunitas telah merintis usaha Laundry dengan nama “KM Laundry” menggunakan fasilitas seadanya. Satu unit mesin cuci dan setrika miliki Ibu Ani salah seorang anggota digunakan sebagai modal awal pengembangan usaha laudry tersebut. Harapannya dengan modal tersebut akan bisa berkembang menjadi unit usaha yang lebih besar. Pelaku usahanya tiada lain adalah anggota komunitas secara bersama khususnya anggota yang berlatar belakang sebagai ibu rumah tangga disela-sela kegiatannya mengurus rumah tangganya sendiri. Selanjutnya rencana akan dipasangnya Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) di secretariat menjadi angin segar bagi anggota komunitas. Helmy Motivator KM. Serambi Brang rea mengungkapkan bahwa dengan adanya PLIK di secretariat komunitas, akan mampu melahirkan kegiatan wirausaha lainnya. Ditambahkan Helmy dengan ramainya kunjungan warga ke PLIK akan menjadi wadah promosi serta pemasaran produk anggota komunitas bahkan warga sekitar. Peternak itik misalnya bisa berkreasi dengan anggota komunitas untuk membuat telur asin dan dipasarkan melalui showroom di secretariat. Tidak hanya itu saja warga yang bisa membuat aneka jajanan pun bisa turut serta memasarkan produknya pada showroom tersebut.
Secretariat KM Serambi Brang Rea yang berlokasi sangat strategis di sisi jalan Baso Busing RT. 10 Dusun Dangar Permai Desaberu yang menghubungkan banyak desa di Kecamatan Brang Rea sangat berpotensi untuk pengembangan wirausaha. Akan tetapi dukungan semua pihak khususnya pemerintah daerah melalui Disperindagkop dan UKM sangat penting untuk pengembangan wirausaha ini, tanpa adanya dukungan serta perhatian dari pihak lain akan sangat sulit untuk pengembangan ke tingkat yang lebih jauh lagi. (c_benk VH)

2 komentar:

  1. wek... Wek...
    Wek... Wek...
    Wek... Wek...
    Wek... Wek...
    Itulah suara ternak itik KM bertelur...
    Maju terus KM....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenkiyu,,,,,,,,,,,smga semua lancar seprti yang direncanakan,,,,,,,,,,,,

      Hapus