KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Selasa, 29 Oktober 2013

Senam Sasambo Siswa SD se-Kecamatan Brang Rea

KM. Serambi_Brangrea – Keanekaragaman suku di Provinsi NTB seperti Suku Sasak, Samawa, dan Mbojo atau lebih dikenal dengan sebutan SASAMBO tentunya menambah unik keragaman masyarakat serta budaya yang ada. Keragaman seni dan budaya dari masing-masing suku ini telah melahirkan karya yang merupakan kombinasi dari ketiganya yang disebut dengan senam SASAMBO Sebagaimana yang diperagakan siswa Sekolah Dasar sekecamatan Brang Rea hari minggu (27/10) yang lalu bertempat di halaman Kantor Camat Brang Rea.
Senam samambo yang masih tergolong baru ini ternyata sangat menarik perhatian para peserta, selain dari kalangan siswa Sekolah Dasar ternyata guru serta masyarakat umum tidak mau kalah untuk mengambil bagian. Mustar Hj. Penyelenggara kegiatan yang merupakan pengurus PGRI kecamatan Brang rea mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja dilakukan untuk memasyarakatkan senam yang merupakan kombinasi dari tiga tarian daerah Sasak, Samawa, dan Mbojo disamping mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga.
Diawal kegiatan seluruh peserta diberikan pelatihan mengenai gerakan yang ada dalam senam dibawah bimbingan Jaya instruktur senam Kabupaten Sumbawa Barat. Senam SASAMBO merupakan senam pergaulan terdiri dari kombinasi tarian rudat dan jangger dari Sasak, tari nguri dan ngumang dari Samawa, serta tari tombak dari Mbojo. Gerakan-gerakan yang sangat mudah diikuti membuat peserta sangat cepat mengadaptasi gerakan senam. Dina salah seorang peserta dari SDN 1 Desaberu mengungkapkan bahwa ia sangat senang mengikuti senam ini. selain gerakannya sangat mudah, dari senam ini juga kita bisa sedikit mengenali aneka gerakan tarian dari daerah lain dan pastinya badan pun menjadi sehat.
Melalui kegiatan semacam ini juga diharapkan rasa persaudaraan dan kesatuan seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat bisa terus dijaga sehingga kedepannya konflik antar wilayah atau hal semacamnya bisa dihindari dan pastinya turut serta menambah karya putra daerah. (a_nie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar