KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Kamis, 24 Oktober 2013

Wirausaha: Siswa SMKN 1 Seteluk Jualan Abon Ikan


KM. Serambi_Brangrea – Menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan merupakan tujuan utama penyelenggaraan pendidikan di SMK. Melalui pelaksanaan program pembelejaran khususnya melalui Mata Diklat Produktif siswa digodok agar memiliki kompetensi berwirausaha sesuai dengan kompentesi keahlian masing-masing. Siswa Program Studi Agribisnis Perikanan misalnya melalui mata diklat Teknologi Hasil Perikanan (THP) siswa diajarkan bagaimana mengolah hasil perikanan semisal ikan tongkol sehingga memiliki nilai ekonomis tinggi dibandingkan jika dipasarkan berupa ikan mentah. Salah satunya adalah dengan mengolah ikan tersebut menjadi Abon Ikan sehingga memiliki nilai ekonomis lebih tinggi serta lebih tahan lama.
Selasa siang (22/10) yang lalu nampak Siswa Kelas X Program Studi Agribisnis Perikanan SMKN 1 Seteluk Sumbawa Barat sibuk mengolah ikan tongkol dengan aneka racikan bumbu secara berkelompok. Saat dikonfirmasi kepada guru pengampu mata diklat Produktif Perikanan Sri Novita, S.Pi mengutarakan bahwa saat itu siswa sedang melakukan praktik pengolahan hasil perikanan dari Ikan Tongkol menjadi Abon Ikan. Ia menambahkan bahwa latar belakang memilih pengolahan Ikan tongkol menjadi abon ikan adalah karena di pasaran sendiri ikan tongkol termasuk ke dalam ikan yang cukup melimpah. Selanjutnya dengan banyaknya jumlah ikan tersebut maka tidak sedikit pula ikan yang tidak laku dijual, oleh karenanya langkah yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan melakukan olahan sehingga ikan tersebut tidak rusak begitu saja.

Selanjutnya Yuli salah seorang siswa menyampaikan kesannya bahwa ia sangat gembira melaksanakan praktik seperti ini, jika dilihat sepintas memang sangat spele akan tetapi jika dilihat secara lebih mendalam kegiatan pengolahan ikan seperti ini sangat berarti bagi perekonomian masyarakat. Penjual ikan yang tadinya akan rugi karena ikannya tidak laku terjual maka dengan adanya pengolahan seperti ini ikan yang belum laku bisa dibeli oleh pembuat abon ikan. Pembuat abon ikan tentunya akan membutuhkan karyawan untuk proses pengolahannya sehingga akan menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. Satu lagi yang membuat saya bangga adalah abon ikan hasil olahan kami bisa kami jual kepada Bapak atau Ibu guru di sekolah tambahnya.
Selain itu potensi Seteluk yang dekat dengan daerah pantai seperti Sepakek dan Poto Tano yang notabene menjadi pemasok ikan yang cukup diperhitungkan di Sumbawa Barat turut mendukung kelangsungan proses pengolahan ikan tersebut. Ikan hasil tangkapan nelayan selain bisa langsung dipasarkan di Pasar maka dengan adanya pengolahan seperti ini bisa juga dipasok kepada industry pengolah. Kemudian dimasa mendatang akan terus dilakukan inovasi baru terhadap pengolahan hasil perairan yang tidak hanya abon ikan misalnya Dodol Rumput Laut, keripik Belut dan lain sebagainya. (in_Dra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar