KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Selasa, 24 September 2013

Eceng Gondok Pakan Alternatif Peternak Itik Brang Rea

KM. Serambi_Brangrea – Panen padi tidak maksimal memberikan dampak terhadap peternak itik. Benarkah demikian??apakah ada korelasi antara panen padi dengan peternak?nampak sekilas memang tidak ada korelasi secara langsung akan tetapi jika dilihat lebih jauh ternyata peternak itik juga sangat tergantung dengan hasil pertanian. Hal ini terlihat dari kondisi yang sedang terjadi di Kecamatan Brang Rea. Hasil pertanian yang tidak maksimal membuat peternak itik harus memutar otak untuk mencari solusi pemenuhan pakan dan diantaranya adalah dengan memanfaatkan tanaman eceng gondok.

Dengan berkurangnya hasil pertanian kali ini berdampak pada jumlah gilingan padi, secara otomatis akan mengurangi dedak hasil gilingan. Dengan berkurangnya dedak ini kemudian disertai dengan permintaan yang cukup besar akan mengakibatkan harga akan melonjak naik. Inilah dampak yang dialami oleh peternak itik di Brang Rea khususnya di Desaberu. “Sudah jarang harganya naik pula!” inilah yang dikeluhkan oleh indra salah seorang peternak itik. Oleh karena itu ia harus berfikir keras untuk bisa mengatasi permasalahan pakan ternak itiknya. Dengan menggali berbagai informasi dari “Mbah Google” ia mendapatkan referensi berbagai macam tanaman yang bisa dijadikan pakan alternative. Lumayan lah bisa sedikit meringankan beban usaha tambahnya.


Berbagai macam tanaman disekitar yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan alternative diantaranya eceng gondok, tanaman rhizola, Lumbricus Rubellus, Megascolecidae, Acanthrodrilidae, Octochaetidae,  kerang, ataupun tepung ikan.  Akan tetapi belum maksimalnya pengetahuan tentang ciri-ciri yang ditampilkan oleh Mbah Google menyebabkan tidak semua dari tanaman tersebut bisa dimanfaatkan. Sebaliknya jenis yang digambarkan secara jelas dan mudah dijumpai dalam jumlah banyaklah yang dimanfaatkan secara maksimal seperti tanaman eceng gondok.

Jika selama ini pemberian pakan hanya mengandalkan campuran bahan konsentrat, dedak, kangkung ataupun siput maka kali ini dengan adanya informasi tentang eceng gondok bisa mengurangi penggunaan dedak ataupun konsentrat. Jika sebelumnya Pak Indra hanya menggunakan campuran bahan pakan diatas maka dengan tambahan eceng gondok dengan perbandingan 4 : 2 : 7 : 2 masing-masing untuk eceng gondok, kangkung, dedak, dan konsentrat bisa mengurangi beban pengeluaran untuk pakan. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar