KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Selasa, 06 Agustus 2013

Sawo Super Ibu Ija

KM. Serambi_Brangrea – siapa yang tidak mengenal jenis buah yang satu ini, sawo dengan nama latin Achras Sapota L ini tumbuh subur di daerah tropis dan rasa buahnya pun sangat manis. Di Sumbawa tanaman sawo ini banyak dijumpai di daerah Alas Barat, dan salah satunya seperti yang tumbuh subur di halaman rumah Ibu Ija. Sekarang ini tanaman sawo ibu Ija sedang berbuah lebat sekali, ukuran buahnya pun super diatas ukuran buah sawo rata-rata.
Hampir disetiap rumah di Desa Mapin Alas Barat ini warga menjadikan tanaman sawo sebagai tanaman pelindung sekaligus tanaman hias yang bisa dimanfaatkan pula buahnya. Seperti dituturkan ibu ija bahwa tanaman sawo memang cocok tumbuh di daerah mapin, tanaman sawo ini ada yang buahnya kecil tapi buahnya lebat dan ada yang buahnya besar tapi buahnya tidak begitu lebat. Akan tetapi tanaman sawo yang tumbuh di halaman rumah ibu ija ini adalah jenis sawo yang buahnya besar dan juga lebat. Tekstur daging buahnya pun sangat lembut dan manis, hal inilah yang membuat tanaman sawonya berkualitas super.

Selain itu tanaman sawo ini bukanlah tanaman musiman sehingga proses pembuahannya tidak terputus. Tidak sedikit orang yang datang untuk meminta cangkokkan ataupun membeli sawo ibu ija. Akan tetapi buah sawo ini tidak pernah dijual karena selain menjadi tanaman hias dikala berbuah, buah yang ada pun diniatkan untuk bisa dirasakan nikmatnya oleh tetangga dan siapa saja yang ingin mencicipinya. Selain itu dikeal juga Manfaat sawo bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak, diantaranya : Daun sawo sangat baik dijadikan sebagai pengobatan untuk radang pada mulut,Kulit sawo mengandung tannin yang bermanfaat untuk menghentikan diare, dan Buah sawo yang manis sering dimanfaatkan orang-orang untuk mengobati diare atau mencret. Bila anda berminat boleh datang kerumah Ibu Ija di Desa Mapin Kebak. (c_benk VH) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar