KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Kamis, 15 Agustus 2013

Hidangan Lontong Samawa Hadir pada Perayaan Lebaran Topat

KM. Serambi_Brangrea – Siapa yang tidak mengenal tradisi lebaran topat (Lebaran Ketupat) yang ada di Lombok khususnya Lombok Barat, Kota Mataram, dan sebagian daerah Lombok tengah. Dari namanya saja lebaran topat, orang pasti akan terpikir akan panganan yang disebut dengan topat alias ketupat. Benar sekali, perayaan lebaran ketupat sangat didominasi oleh hidangan ketupat dengan gula lemaknya. Akan tetapi bagaimana jika hidangan ketupat dengan gula lemaknya ini digantikan oleh hidangan lontong khas samawa? Ternyata tidak sedikit orang yang telah mencoba merasa ketagihan dengan hidangan lontong khas samawa ini.
Cara penyajian topat dalam tradisi lebaran ketupat selama ini hanya dengan mencocol atau menyolek ketupat dengan kuah kental gula lemak. Akan tetapi dengan sajian yang berbeda yaitu dengan lontong khas samawa memberikan kesan tersendiri. Lontong khas samawa disajikan dengan papaya muda yang telah direbus dan dipotong memanjang, bawang goreng, serbuk dan yang tidak kalah pentingnya adalah kuah sedikit encer dibandingkan kuah gula lemak dengan paduan ayam kampung memberikan rasa yang sangguh nikmat. Dituturkan H. Fat warga seganteng bahwa rasa yang didapatkan dari sajian lontong Samawa ini sungguh nikmat dan berbeda dari biasanya yang hanya monoton dengan gula lemak saja.

Selanjutnya Napisah warga Sumbawa Barat yang sudah lama menetap di Seganteng sengaja menyajikan lontong khas Samawa dalam perayaan lebaran ketupat kali ini agar memberikan variasi rasa jika tahun sebelumnya hanya menggunakan sajian gula lemak. Selain itu ia ingin memperkenalkan bahwa di Samawa sendiri ada sajian lontong yang bisa juga digantikan dengan ketupat dan disebut dengan Lontong. Cara menyantapnya pun berbeda karena disantap seperti kita menyantap soto atau bakso yaitu kuah dan isinya langsung dicampur dalam satu wadah.
Berbicara tentang kuliner di NTB memang tiada habisnya. Suku Sasak Samawa Mbojo (SASAMBO) memiliki berbagai macam kuliner yang beraneka ragam yang mana satu sama lain memiliki rasa yang berbeda. Akan tetapi dengan berbagai macam perbedaan ini justru mampu memberikan kesan kuat akan kearifan tradisi local yang ada di NTB. Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah aneka kuliner yang ada disuatu daerah akan menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan khususnya pemburu kuliner. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar