KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Sabtu, 21 Desember 2013

Giliranku Nikah Sudah Harus di KUA



KM. Serambi_Brangrea – Maraknya pemberitaan larangan menikah di luar Balai Nikah alias Kantor Urusan Agama beberapa hari lalu memberikan dampak kepada persiapan seluruh calon pengantin, tidak terkecuali pengantin yang berada jauh di pelosok desa. Gufran calon pengantin di Kecamatan Seteluk harus memajukan jadwal pelaksanaan akad nikahnya yang seyogyanya diundangan yang sudah diedar dilaksanakan pada hari minggu (22/12) pukul 07.00 Wita bertempat di Rumah mampelai pria harus melaksanakan akad nikahnya pada jam kerja yaitu hari jumat (20/12) bertempat di Balai Nikah kecamatan Seteluk.

Tentunya hal ini jauh berbeda dengan tradisi atau kebiasaan masyarakat samawa selama ini. Namun peraturan yang telah ditetapkan pemerintah melalui PP no 53 tahun 2010 tentang disipilin PNS, PMA nomor 28 Tahun 2013 tentang kehadiran PNS lingkup Kementrian Agama (Kemenag), kesepakatan kepala KUA dengan penghulu Kabupaten Sumbawa Barat perihal pelaksanaan pencatatan nikah diluar KUA dan diluar jam kerja seperti dikutip pada harian Sumbawa Barat Post tanggal 20 Desember harus dilaksanakan sebagaimana mestinya.
Keputusan ini bukan dilakukan hanya ikut-ikutan saja ujar Sudirman, S.Ag Kepala KUA Kecamatan Taliwang sebagaimana dikutip dalam harian Sumbawa Barat Post akan tetapi hal ini sudah menjadi ketentuan yang harus dilaksanakan. Untuk calon pengantin sendiri diharapkan pengertiannya agar peraturan ini bisa dilaskanakan sebagaimana mestinya selama regulasi belum ada. Gufran mampelai pria  enyampaikan kesannya bahwa tidak jauh berbeda pelaksanaan akad nikah di balai nikah dengan dilasanakan di luar balai nikah. Hanya saja mungkin keluarga serta teman-teman yang ingin turut menyaksikan tidak bisa ikut karena kapasitas ruang nikah yang terbatas. Namun yang patut saya syukuri adalah prosesi yang saya laksanakan pagi tadi berjalan lancar tambahnya. (c_benk VH)

1 komentar:

  1. waduh...jd tambah ribet ya. ga skalian ditnggung snacknya ma KUA ya buat undangannya...heheheh

    BalasHapus