KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Selasa, 10 Desember 2013

Satu Keluarga Pencetak Juara OSN

KM. Serambi_Brang Rea – Siapa yang tidak bangga melihat anak didiknya mampu bersaing dan menjadi juara di pentas Olimpiade Sains Nasional (OSN). Menjadi anak kampung ternyata tidak menghalangi peluang seseorang untuk menjadi yang terbaik. Fatimah azzahrah dan Hera membuktikan itu semua, beberapa waktu lalu mereka berhasil menjadi juara pertama OSN tingkat kecamatan Alas Barat sekaligus menjadi peserta OSN tingkat Kabupaten diwaktu mendatang.
Suseno Pembina  OSN mata pelajaran IPA SDN 1 Labuan Mapin mengutarakan bahwa ia sangat bersyukur akan kerja kerasnya selama ini karena Fatimah yang masih duduk di bangku kelas 5 siswa binaannya berhasil meraih juara pertama pada mata pelajaran  IPA. Bukan hanya itu saja Istrinya Nurhasanah Pembina mata pelajaran Matematika SDN 2 Mapin Kebak tidak mau ketinggalan. Siswanya yang masih duduk di kelas 5 juga berhasil meraih juara Ketiga untuk mata pelajaran Matematika. Bahkan Bapak mertuanya M. Nur Mastar  Pembina matematika SDN 1 Mapin Kebak tidak mau kalah. Siswanya atas nama Hera kelas 4 juga berhasil meraih juara Pertama dan kedua mata pelajaran Matematika. Sehingga dapat dikatakan bahwa semua mata pelajaran yang diujiankan berhasil diraih oleh siswa binaan dari satu keluarga ini.

Sungguh hal yang luar biasa bahkan tiada duanya bahwa dalam satu keluarga yang terdiri atas Bapak, Anak, dan Menantu mampu bersaing secara sehat dalam rangka mencetak juara-juara olimpiade. Di Kabupaten Sumbawa  sendiri nama-nama tersebut sudah tidak asing lagi, hal ini dikarenakan selain menjadi juara di tingkat Kecamatan, siswa binaannya juga mampu menjadi juara di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan tingkat Nasional. Tahun lalu Pak Nur sapaan akrabnya telah mampu membawa siswanya menjadi juara OSN tingkat nasional. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan bagi sekolah yang berada di pelosok.
Adapun tips dan trik dalam melakukan pembinaan adalah ketika melakukan proses seleksi maka harus dilakukan dengan baik. Biasanya calon peserta sudah dibina sejak kelas 3 sekolah dasar, bahkan pengkaderan bakal calon sudah mulai dipilah sejak kelas 1. Dalam melakukan pembinaan sendiri Pembina sangat dituntut untuk serius dan bersabar selama membimbing. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah keikhlasan dalam memberikan bimbingan juga hal utama. Pak Seno panggilannya di sekolah mengungkapkan bahwa rasa ikhlas dalam membimbing siswa merupakan hal yang mutlak. Hal ini merupakan pelajaran penting yang saya dapatkan dari Bapak Mertua saya M. Nur yang sudah terlebih dahulu sukses dalam memberikan bimbingan. Jika sebelumnya saya melakukan bimbingan masih setengah hati hanya karena memenuhi kewajiban sebagai Pembina maka hasil yang saya dapatkan juga tidak begitu maksimal. Namun setelah dilandaskan dengan penuh keikhlasan dan secara totalitas membangkitkan jiwa  seorang guru dalam diri maka barulah jiwa siswa yang dibina akan terpaut dengan pembimbing sehingga memudahkan siswa dalam menerima pelajaran yang disampaikan.
 Selain itu hal yang menjadi  momok bagi siswa yang berasal dari pedesaan adalah mental ketika berjumpa dengan peserta lain yang berasal dari kota dengan penampilan yang sangat meyakinkan. Fatimah peserta dari SDN 1 Labuan Mapin mengutarakan bahwa nyalinya sangat ciut ketika harus berada dalam satu ruangan dan bersaing dengan siswa lain yang berasal dari kota dengan fasilitas belajar di sekolah yang pasti sudah lengkap. Penampilannya pun sangat meyakinkan untuk mampu menyelesaikan soal dengan baik. Disinilah peran seorang pembimbing untuk berikan motivasi bahwa kita juga mampu untuk menjadi lebih baik. Kita jangan terpengaruh oleh penampilan luar seseorang, karena setiap kemampuan tidak selalu berbanding lurus dengan penampilannya. Selama apa yang kita makan juga tetap nasi, maka mengapa tidak kita mampu lebih dari mereka, belum tentu apa yang ada pada dirimu ada pada diri mereka adalah kalimat motivasi yang selalu Pak Seno tanamkan. (a_nie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar