KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Selasa, 10 Desember 2013

Beli Lele ke SMKN 1 Seteluk Aja



KM. Serambi_Brang rea – Kegiatan Unit Produksi (UP) merupakan ciri khas pendidikan yang dikembangkan di Sekolah Kejuruan. Melalui UP kegiatan wirausaha siswa sesuai program studi yang diambil mulai ditumbuhkembangkan. SMKN  1 Seteluk sebagai salah satu sekolah kejuruan yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah mengembangkan Unit Produksinya. Khususnya pada program studi Agribisnis Perikanan yang mana sebelumnya telah berhasil mengembangkan aneka produk pengolahan hasil perikanan dan kelautan diantaranya seperti abon ikan ataupun panganan hasil pengolahan rumput laut, juga mengembangkan usaha dalam budidaya ikan lele. Hasilnya pun cukup menjanjikan karena untuk sementara sudah bisa memenuhi kebutuhan warga SMK dan warga sekitar.

Selain untuk kebutuhan kuliner, kolam ikan lele unit produksi SMKN 1 Seteluk dijadikan sebagai wahana rekreasi pemancingan. Kendati kondisi kolam masih semipermanen akan tetapi sudah dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk usaha produksi serta sarana rekreasi memancing. Sensasi pemancingan yang didapatkan juga tidak akan mengecewakan. Selain karena karakter ikan lele yang rakus, jumlahnya yang banyak juga membuat pemancing tidak harus menunggu lama untuk merasakan tarikannya. Juniawan ketua Program studi agribisnis perikanan mengutarakan bahwa kolam unit produksi bisa memberikan manfaat ganda bagi sekolah. Disamping sebagai sarana praktik siswa guna memperkuat kompetensinya, hasil budidaya lele tersebut bisa dijual bagi warga SMK ataupun warga luar sebagai income sekolah. Selama ini kebiasaan warga SMK yang mencoba sensasi memancing langsung membeli hasil pancingannya. Untuk pemasaran sendiri satu kilogram lele dihargai Rp.20.000,- harga yang cukup terjangkau bagi pembeli.
Hal yang tidak kalah menariknya adalah dengan melihat prospek hasil usaha dari budidaya ikan lele tidak sedikit guru SMK yang walaupun tidak berlatarbelakang guru perikanan mencoba peruntungan melalui budidaya ikan lele di rumahnya. Tidak terkecuali anggota komunitas KM Serambi Brangrea yang kebetulan bertugas di SMKN  1 Seteluk yang mana diwaktu mendatang akan merintis usaha peternakan ikan lele di Brang rea. Paling tidak bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain serta mengembangkan wirausaha komunitas. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar