KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Senin, 23 Desember 2013

Banjir Menjadi Berkah



KM. Serambi_Brangrea – Bagi sebagian orang banjir menjadi momok yang mengkhawatirkan sekaligus menakutkan karena selain dapat menyebabkan jatuhnya korban harta juga dapat menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Namun bagi sebagian orang lainnya yang tinggal di sekitar Desa Meraran malah menjadikannya berkah. Mengapa bisa demikian? Ternyata banjir yang selalu datang pada musim penghujan juga membawa ribuan ikan jenis nila yang bisa ditangkap oleh warga.

Aktifitas menangkap ikan ini biasa berlangsung dari pagi sampai dengan siang hari, hal ini dikarenakan biasanya pada siang hari hujan deras mulai mengguyur. Warga yang datang menangkap ikan tersebut sudah mulai memadati aliran sungai sejak pagi hari. Selanjutnya Masyarakat yang datang menangkap ikan tidak hanya berasal dari desa meraran saja, dari luar desa Meraran pun tidak sedikit yang sengaja datang dengan perlengkapan berupa Jala ataupun jaring. Hazmi salah seorang penangkap ikan yang masih berstatus sebagai pelajar mengutarakan bahwa ia memanfaatkan waktu sepulang sekolah ataupun waktu liburnya untuk menangkap ikan di sepanjang aliran sungai. Hasil yang didapat pun lumayan bisa menjadi tambahan lauk dirumah bahkan tidak jarang hasil tangkapannya dibeli oleh pengepul.
Salah seorang pedagang ikan juga tidak ingin ketinggalan bisa menangkap langsung ikan di sepanjang aliran sungai. Selain membawa alat menagkap ia juga membawa serta Box stiroform sebagai wadah penampung beserta timbangannya. Walaupun ukuran ikan tangkapan tidak sebesar hasil budidaya namun antusias warga untuk menangkap ataupun membeli hasil tangkapan cukup tinggi. Ikan hasil tangkapan warga tersebut dipasarkan dengan harga Rp.20.000,- sampai dengan Rp.25.000,- perkilogramnya. Biasanya ikan nila ukuran sedang diolah menjadi ikan kering, terkecuali yang agak besar bisa dijadikan bahan sepat atau singang masakan khas Sumbawa. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar