KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Selasa, 18 Juni 2013

Sosialisasi Mitigasi Bencana Oleh Dinas Pertambangan dan Energi



KM. Serambi_Brangrea – Salah satu program kerja tahunan  Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah mensoialisasikan Mitigasi Bencana Alam Geologi kepada seluruh lapisan masyarakat Provinsi NTB. Pada tahun sebelumnya Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTB telah mensosialisasikan program serupa kepada pegawai ataupun guru pada masing-masing kabupaten. Kemudian pada tahun ini yang menjadi sasarannya adalah siswa sekolah setingkat SMA yang mana pada tiap kabupaten diberikan kesempatan kepada dua sekolah.
Wilayah Kabupaten Sumbawa Barat sendiri merupakan wilayah yang berpotensi untuk terjadinya bencana seperti banjir, longsor, tsunami, ataupun gempa bumi sehingga patut untuk dibekali dengan kemampuan mitigasi bencana alam. Selanjutnya karena Kabupaten Sumbawa Barat diberikan kesempatan hanya kepada dua sekolah maka Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) kabupaten Sumbawa Barat selaku instansi terkait memutuskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di Wilayah Kecamatan Seteluk yaitu SMKN 1 Seteluk pada hari senin (17/6) dan SMAN 1 Seteluk pada hari selasa (18/6).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas ESDM Budpar KSB melalui Bidang ESDM M. Saddik Menyampaikan bahwa latar belakang dipilihnya wilayah Seteluk adalah beberapa bulan yang lalu wilayah seteluk ini terkena Bencana Banjir yang cukup besar. Oleh karena itu pembekalan kemampuan mitigasi bencana alam kepada warga khususnya pelajar sangatlah diperlukan untuk mengurangi dampak yang mungkin terjadi. Selanjutnya Kepala SMKN 1 Seteluk Melalui Wakasek Akademik Helmy Wahyunadi, S.Pd. dalam  sambutannya sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan oleh Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTB. Ini dikarenakan bahwa kesempatan untuk menambah wawasan tentang mitigasi bencana alam termasuk kesempatan langka, selanjutnya kepada seluruh siswa yang menjadi peserta sosialisasi diharapkan agar mengikuti kegiatan tersebut dengan  serius sehingga segala informasi yang disampaikan Pemateri bisa difahami dengan baik yang selanjutnya akan disebarluaskan kepada masyarakat tempat tinggal masing-masing.
Rombongan yang dipimpin oleh Kasi Mitigasi Bencana Geologi Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTB Kun Dwisantoso menyampaikan materi secara jelas terkait dengan terjadinya bencana. Materi yang mencakup gempa bumi, banjir,tanah longsor, gunung meleteus dan tsunami ini cukup menyedot perhatian siswa, hal ini dapat dilihat dari antusiasme siswa dalam mengajukan pertanyaan yang dirasa masih kurang jelas dari apa yang telah disampaikan. Feri Irawansyah salah seorang siswa menyampaikan keinginannya untuk bisa menjadi bagian dari system mitigasi untuk wilayah kabupaten Sumbawa barat khususnya lingkungan tempat tinggalnya. Ia juga berkomitmen untuk membangun kesadaran orang-orang terdekatnya agar selalu menjaga lingkungan sehingga bencana alam bisa dihindarkan seperti banjir ataupun tanah longsor.
Diakhir acara Pak Kun memberikan renungan kepada seluruh peserta bahwa bencana alam terjadi tidak serta merta karena factor geologi akan tetapi bencana juga tidak terlepas akibat ulah manusia itu sendiri yang gemar merusak alam serta tidak mengetahui kodratnya sebagai hamba untuk selalu beribadah kepada Sang Pencipta. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar