KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Jumat, 28 Juni 2013

KM. KSB Menyikapi Hasil Rakornis Lombok Raya



KM. Serambi_Brangrea – Pelatihan Komunitas Kampung Media Se NTB yang dilaksanakan pada hari selasa (25/6) lalu yang bertempat di Hotel Lombok Raya Mataram selain kegiatan sambung rasa dan silaturrahmi  ternyata telah memberikan hasil evaluasi kegiatan kampung media selama ini. Selain pemaparan program Menuju Kampung Media Mandiri tahun 2016, dalam program ini disampaikan pula hal-hal penting terkait pencapaian Kampung Media Mandiri tersebut.

Adapun program tersebut langsung disampaikan oleh coordinator Kampung Media NTB Fairuz Zabadi, SH yang mana pointnya mencakup hal-hal sebagai berikut:
1.       Jika selama ini kampung media hanya meningkatkan budaya bertutur menjadi budaya menulis maka kedepannya harus ditingkatkan lagi dari budaya menulis mejadi pengembangan ekonomi kreatif masyarakat
2.       Melakukan publkasi stationer pada masing-masing blog yaitu menyediakan space iklan terhadap setiap kegiatan ekonomi kreatif yang ada di lingkungan.
3.       Menuliskan kegiatan puskesmas serta bidan desa disertai dengan nomor telfon yang bisa dihubungi untuk memudahkan koordinasi masyarakat dengan pegawai kesehatan yang ada di wilayahnya.
4.       Mempublikasikan nama tempat ibadah baik itu masjid atau musholla disertai dengan alamat masing-masing guna menguatkan kesan Lombok ataupun Sumbawa sebagai pulau seribu masjid dan kental dengan nuansa religius.
5.       Mempublikasikan nama sekolah keagamaan madarasah atau madrasah Diniyah beserta alamatnya
6.       Mempromosikan kuliner khas disetiap daerah sebagai factor utama untuk menarik minat wisatawan baik dalam negeri ataupun mancanegara
7.       Mengadakan temu kreatif komunitas kampung media dengan pengusaha kecil dan menengah yang ada di Kabupaten masing-masing.
Diharapkan dengan beberapa program di atas akan menjadi titik awal pengembangan kampung media menuju kampung media mandiri. Diakhir pengarahannya Fairuz Zabadi menyampaikan evaluasi kegiatan komunitas secara online maupun offline, selama ini kampung media ada yang sangat aktif berkegiatan secara online akan tetapi kurang aktif secara offline. Ada juga yang aktif secara offline akan tetapi kurang berkegiatan secara online. Komunitas kampung media yang aktiflah yang akan bertahan dan yang tidak aktif akan tereliminasi dengan sendirinya, seperti saat ini ada beberapa komunitas yang sudah dinonaktifkan. Diantara komunitas tersebut adalah komunitas kampung media Menala Online Kabupaten Sumbawa Barat, hal ini menggambarkan kurangnya koordinasi antar komunitas di tingkat kabupaten.
Hal ini tentunya menjadi cambukan yang cukup keras bagi komunitas kampung media yang ada di kabupaten Sumbawa Barat. Oleh karena itu perlu dilakukan tindakan yang cepat untuk menyikapi kondisi ini. Hesso motivator KM. Komedik Brang Ene langsung mengadakan koordinasi dengan Dishubukominfo Kabupaten Sumbawa Barat untuk menentukan langkah yang tepat dalam menentukan solusi permasalahan ini. Sebagai langkah awal pada hari senin (1/7) bertempat di ruang Kominfo Dinas Dishubkominfo KSB akan diadakan temu Komunitas untuk membahas hasil Rakornis di Mataram serta langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan KM. Menala Online. Mudah-mudahan saja melalui pertemuan ini bisa diambil langkah yang tepat agar Komunitas yang tidak aktif tidak memberikan pengaruh terhadap komunitas yang lainnya tambah Hesso. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar