KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Kamis, 28 Maret 2013

Panen Raya Harga Gabah Masih Stabil



KM Serambi_Brangrea – Brang Rea yang menjadi lumbung padi Kabupaten Sumbawa Barat sekarang ini memasuki musim panen, mulai dari Desa Kejawat, Bree, Sapugara, Desaberu, Tepas sampai dengan lamuntet bersamaan disibukkan dengan kegiatan “begaba”. Walaupun biasanya ketika panen raya tiba pasti akan diikuti dengan anjloknya harga gabah namun kali ini sampai berita ini diturunkan harga gabah masih dalam kisaran stabil yaitu Rp. 310.000,-/kuintal.

Panen raya yang sedang dilakukan oleh petani di seputaran Brang Rea tidak sepenuhnya dirasakan menguntungkan. Walaupun harga masih dalam kisaran normal namun kali ini hasil panen dirasakan turun drastis, hal ini dikarenakan sebagian tanaman padi terserang hama wereng (penyakit mira) sehingga menyebabkan tanaman padi menjadi kosong bahkan ada yang mati.
Saiman seorang petani di desaberu menuturkan kali ini hasil panen tidak seperti biasanya. Tanaman padi banyak yang mati terkena hama dan kalaupun tidak mati maka buah yang dihasilkan tidak maksimal. Ini menyebabkan petani banyak yang merugi. Selanjutnya ia menambahkan dari segi harga beli gabah masih tergolong stabil, walaupun masih rendah dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp.350.000,-/kuintal.
Petani juga berharap agar harga beli gabah bisa stabil bahkan kalau bisa naik lebih tinggi lagi ujar pak Undru disela ia memotong tanaman padinya. Jangan sampai ketika musim panen ini dibarengi dengan turunnya hujan karena akan mengakibatkan harga beli gabah anjlok.
Pemerintah setempat diharapkan ikut ambil bagian dalam mengontrol harga di pasaran agar tidak dimanfaatkan oleh tengkulak yang ingin meraup kuntungan dari petani dengan menurunkan harga sehingga akan menambah kerugian petani lebih besar. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar