KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Selasa, 05 Maret 2013

Jamaah Musholla Al IHSAN Desaberu adakan Kursus Bahasa Arab


Peserta Kursus Bahasa Arab

KM. Serambi_Brangrea – Tuntutlah ilmu sepajang hayat mungkin itulah yang dipegang erat oleh jamaah Musholla Al Ihsan desaberu. Walaupun bisa dikatakan usia mereka rata-rata sudah paruh baya akan tetapi semangat untuk belajar tidak luntur. Dengan niat yang bulat dan tekad yang keras mereka mengadakan kursus belajar bahasa Arab untuk kalangan sendiri dengan bimbingan Ustadz H. Syamsul Ismail, Lc pengasuh Pondok Pesantren Sapugara Kecamatan Brang Rea.

Kegiatan yang dilaksanakan dari inisiatif jamaah ini dimaksudkan untuk lebih membuka pengetahuan jamaah tentang islam yang dikarenakan kitab-kitab kajian islam yang merupakan acuan primer menggunakan bahasa arab. Mengingat banyaknya kitab-kitab yang beredar sudah merupakan terjemahan ditambah lagi banyaknya kitab-kitab yang terkadang tidak jelas sumbernya apalagi jika mengambil referensi dari media internet maka dibutuhkan pemahaman yang kuat agar tidak salah mengerti karena dikhawatirkan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyesatkan umat.
Setiap selasa malam ba’da isya kegiatan ini dilaksanakan dengan peserta duabelas orang, dan ditargetkan dalam waktu tiga bulan kaidah atau tata bahasa arab sudah bisa dikuasai asalkan Ustadz Sul sapaan akrabnya mengatakan kegiatan ini harus diikuti oleh peserta dengan tidak terputus. Peserta harus secara aktif mengikuti karena setiap pertemuan akan menjadi dasar pada pertemuan berikutnya. Ustadz Sul menaruh harapan besar kepada peserta agar nantinya setelah memahami kaidah dasar bahasa arab ini agar bisa disampaikan lagi kepada jamaah yang lain untuk dijadikan sebagai dasar dalam mengkaji berbagai kitab islam yang umumnya menggunakan bahasa arab khususnya kitab kuning.
Peserta yang berasal dari berbagai macam latar belakang ini seperti petani, pedagang, pegawai, pengajar dan lain-lain terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran. Anwar Solikhin yang sehari-hari mengajar seni budaya di SMPN 1 Brang Rea mengatakan bahwa ia sangat bersyukur dengan terlaksananya kegiatan ini. Selama ini ia merasa masih kurang mantap dengan pemahamannnya terhadap islam yang hanya didapat dari kitab-kitab terjemahan. Ia berharap bisa mendapat pengetahuan langsung dari sumber aslinya semisal kitab kuning dan kitab-kitab lainnya yang menggunakan bahasa arab. Selain itu dengan menguasai bahasa arab kita bisa lebih menghayati bacaan Al Quran.
Walaupun dilaksanakan ditempat yang sangat sederhana di Musholla Al Ihsan, dengan peralatan seadanya dan ketika hujan musholla terkadang kemasukan air dari atap yang bocor tidak mengurangi semangat para peserta. Jamaah musholla sudah berencana secara swadaya akan mengusahakan perbaikan atap musholla dan sangat diharapkan sekali ada pihak-pihak yang berkenan membantu sebagai donatur untuk penyelesaian perbaikan musholla ini guna memberikan rasa nyaman ketika melaksanakan ibadah dan kegiatan belajar berlangsung. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar