KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Senin, 31 Maret 2014

Pak Tukang Diajak Bicara Kampung Media



KM. Serambi_Brangrea; Sosialiasi kegiatan jurnalisme warga yang tergabung dalam komunitas Kampung Media terus digencar ke setiap tempat dan tidak mengenal kalangan. Jika hari sabtu (29/3) lalu rombongan Kepala Kampung telah berselencar dengan warga Suralaga Lombok Timur maka kemarin (minggu/30) komunitas Serambi Brangrea Sumbawa Barat telah berselancar ke desa Goa Kecamatan Jereweh untuk memperkenalkan kegiatan jurnalisme warga ini. Bahkan pagi tadi di Musholla Al-Ihsan Desaberu dengan pak Tukang pun kami menyempatkan diri Nyeletuk bicara tentang Kampung Media.

Kebutuhan akan informasi tidak terbatas pada kalangan tertentu saja melainkan semua orang butuh adanya pembaharuan informasi. Begitu pula sebaliknya Informasi pun tidak akkan ada jika tidak ada si pembuat informasi, oleh karenanya masyarakat penyampai informasi tidak juga terbatas pada kalangan tertentu saja semisal orang yang berprofesi sebagai wartawan.
Pada kesempatan tersebut digambarkan tentang berbagai aktifitas, kiprah, dan perjalanan Kampung Media hingga hari ini. Tidak lupa ajakan serta motivasi diberikan kepada orang yang hadir dalam kesempatan gotong  royong tersebut agar mau bergabung sebagai penyambung lidah masyarakat kepada masyarakat lainnya bahkan kepada pemerintah atau paling tidak sebagai pembaca informasi yang ada di halaman kampung media.
Anwar salah seorang warga merasa sangat tertarik dengan informasi yang ia dapatkan. Mungkin sebagai langkah awal saya akan membiasakan diri untuk menggunakan media internet untuk mengakses informasi khususnya informasi warga NTB dalam portal Kampung Media.
Hal yang menjadi kendala untuk mengakses informasi melalui media online adalah karena keterbatasan sarana yang dimiliki. Khsusnya bagi warga dengan ekonomi menengah ke bawah. Namun jika dibarengi dengan sedikit kemauan mungkin saja hal itu bisa teratasi semisal berkunjung ke secretariat kampung media untuk mengakses internet.
Dalam kesempatan itu pula kami mencoba menjajaki siapa saja warga Brang rea yang bisa dijadikan sebagai Sosok Inspiratif sebagai bahan penulisan buku sosok inspiratif NTB nantinya. Namun sampai akhir diskusi belum ditemukan sosok yang tepat karena berbagai pertimbangan dan criteria yang yang disampaikan oleh Bapak Kepala Kampung. Mudah-mudahan saja esok hari ada titik terang tentang siapa orangnya.
Akan tetapi yang tepenting dari semua itu adalah telah berhasilnya transfer informasi tentang keberadaan Kampung Media kepada masyarakat tidak terkecuali masyarakat lapisan paling bawah karena itulah target kampung media yang sesungguhnya. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar