KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Senin, 31 Maret 2014

Budidaya Udang Vanname Cukup Menggiurkan



KM. Serambi_Brangrea; Salah satu potensi yang tepat untuk dikembangkan di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat adalah Budidaya Udang Vanname. Itulah kalimat yang terlontar dari Pak Anton Pimpinan PT. Bumi Harapan Jaya (BHJ) disela pembelajaran umum tentang budidaya udang beberapa waktu lalu kepada siswa Program Studi Agribisnis Perikanan SMKN 1 Seteluk.

PT, BHJ sendiri sudah beroperasi lebih dari satu tahun di Kawasan Pesisir Poto Tano untuk budidaya udang jenis Vanname. Selama dua siklus proses budidaya telah berhasil memberikan keuntungan yang cukup besar, bahkan hasil budidayanya telah diekspor ke luar negeri. Bayangkan saja jika dari dari penebaran 4,5 kg bibit akan menghasilkan sampai dengan 9 ton udang siap panen dengan harga Rp.60.000,- perkilogramnya. Atas dasar inilah PT. BHJ ingin memberikan motivasi dan dorongan semangat kepada generasi muda agar bisa turut serta mengembangkan sector budidaya udang jenis Vanname ini.
Jika selama ini penduduk sekitar telah terserap sebagai tenaga kerja pada Perusahaan tersebut, mengapa tidak dimasa mendatang masyarakat local sendiri yang akan membuka lapangan kerja untuk masyarakat lainnya. Dan hal ini bukanlah hal yang mustahil tambah pak Anton.
Ada dua alasan mengapa dipilih udang jenis vanname dan bukan udang windu, yang pertama adalah udang jenis vanname ini sudah sangat langka karena jarangnya orang yang mau membudidaya. Dan yang kedua adalah keuntungan yang lebih besar dikarenakan langkanya produksi udang jenis vanname sendangkan permintaan pasar cukup tinggi.
Sri Novita, S.Pi guru mata diklat Produktif Perikanan sangat berharap dengan adanya pembelajaran umum tentang budidaya udang vanname ini akan mampu membuka wawasan berfikir siswa tentang proses budidaya dilapangan. Jika selama ini proses pembelajaran hanya berdasarkan teori dari literatur kemudian contoh lokasi budidaya hanya dari daerah pulau Jawa atau Sumatera ataupun daerah lainnya yang pasti memiliki kondisi geografis berbeda dengan Sumbawa, maka dengan adanya pembelajaran dari PT. BHJ akan terjadi perpaduan informasi sesuai dengan kenyataan dan kondisi di lapangan yang dihadapi oleh PT. BHJ selama ini.
Lia salah seorang siswa sangat termovitasi setelah mendengar penjelasan dan gambaran tentang bagaimana pengelolaan Tambak budidaya Udang Vanname. Disamping masih banyaknya lahan tidur yang belum maksimal dimanfaatkan, proses budidaya akan mampu menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran khususnya kami yang belajar di SMK program studi agribisnis Perikanan ungkapnya. (a_nie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar