KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Sabtu, 22 Februari 2014

Lulusan SMK/SMA Dicetak menjadi Wirausahawan Baru



KM. Serambi_Brangrea – Menindaklanjuti Peraturan Menteri Perindustrian RI nomor 19/M-IND/PER/2/2007 tentang penyelenggaraan Program Beasiswa Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah serta dalam rangka mempercepat pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah di Provinsi  maupun Kabupaten/Kota maka dipandang sangat perlu untuk mempersiapkan Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) sebagai calon Pembina IKM dan Wirausahawan IKM melalui Program Beasiswa pada unit pendidikan di Lingkungan Kementerian Perindustrian.
Kesempatan menerima beasiswa tersebut diberikan kepada siswa berprestasi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/MA/SMK) yang tidak mampu dengan program Beasiswa Calon Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) IKM setara dengan program D-3. Jumat kemarin (21/2) telah dilaksanakan sosialisasi oleh Kepala Seksi Perindustrian Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Sumbawa Barat Dimas Bayu Fajar, ST kepada seluruh kelas XII di SMKN 1 Seteluk.

Tidak kurang dari 80 Orang siswa kelas XII sebagai calon penerima beasiswa sangat antusias ketika mendapat pengarahan serta informasi tentang tata cara pendaftaran serta persyaratan yang harus dipenuhi. Namun sebelumnya Kepala SMK Negeri 1 Seteluk Syalimsyah, S.Pd memberikan pengarahan dan pemahaman kepada siswa bahwa pola fikir yang hanya ingin bekerja pada instansi pemerintah atau karyawan swasta sebaiknya disingkirkan jauh-jauh. Khususnya peluang kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil yang sangat diidamkan oleh kebanyakan orang tidaklah sebanding dengan jumlah warga Indonesia yang sedang mencari kerja serta berada pada usia produktif. Oleh karena itu program Kementerian Perindustrian RI melalui penyiapan tenaga penyuluh lapangan industry kecil dan menengah (IKM), Pembina IKM dan Wirausahawan IKM harus kita sambut dengan baik. Hal ini memang sudah seiring dengan tujuan pendidikan di SMK tambahnya.
Jika program ini terlaksana dengan baik maka dapat dipastikan 3 sampai dengan 5 tahun mendatang Indonesia dan Sumbawa Barat pada khususnya akan memiliki banyak wirausahawan baru yang terdidik serta professional. Selanjutnya fikiran dan pola pikir masyarakat yang hanya ingin mencari kerja bisa dirubah menjadi bagaimana menciptakan lapangan kerja.
Selama kegiatan berlangsung Dimas sapaan akrabnya banyak mendapat pertanyaan dari siswa yang sangat berminat untuk mengikuti program tersebut. Diskusi dan Tanya jawab berlangsung sangat menarik sampai-sampai waktu tidak terasa telah dua jam berlalu. Sumarlin salah seorang siswa dari jurusan Busana Butik merasa sangat tertarik dengan program ini. Selain bebas biaya kuliah jika lulus nantinya,  konsentrasi pendidikan yang ditawarkan juga sangat cocok dengan jurusan yang saya ambil di SMK ungkapnya. Hal ini berarti memberikan peluang yang cukup besar bagi kami jika mengikuti proses seleksi.
Konsentrasi Pendidikan yang ditawarkan antara lain Teknologi Pembuatan Kain, Teknologi Pengendalian Mutu Industri, Teknologi Produk Kulit, Pengelolaan Lingkungan Industri, Kewirausahaan, Pengolahan Industri Pangan, Teknologi Pangan, serta Pengolahan Kelapa Sawit dan Produk Turunannnya. Unit pendidikan sebagai penyelenggara Kosentrasi pendidikan pun adalah sekolah ataupun akademi ternama di Indonesia.
Kesempatan mengikuti program beasiswa ini adalah bagi siswa kelas XII SMA/MA/SMK yang lulus pada tahun pendaftaran ataupun yang lulus pada tahun sebelumnya. Untuk perdaftaran paling lambat tanggal 25 Mei 2014 dengan mengirimkan kelengkapan administrasi kepada Seksi Perindustrian Disperindagkop dan UMKM KSB ataupun mengirimkan langsung ke Sekjen Kementrian RI. Syarat serta kelengkapan administrasi lainnya bisa langsung ditanyakan kepada Disperindagkop dan UMKM KSB, SMKN 1 Seteluk ataupun sekolah lainnya yang telah mendapat sosialisasi. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar