KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Rabu, 19 Februari 2014

Mangan “Sber Ai’” Ala Samawa



KM. Serambi_Brangrea – Wah kamu makannya kaya bebek…!! atau mungkin sedang krisis kuangan sehingga harus seperti itu sampai-sampai tidak dapat membeli sayur!!! Ungkapan ini pasti akan muncul ketika orang dari luar Samawa melihat kebiasaan makan orang samawa yang menyiram atau mengguyur nasinya menggunakan air putih.
Ari (28th) pendatang dari Makassar ketika pertama kali menginjakkan kaki di Tana Samawa kemudian tinggal di rumah keluarganya yang sudah lama menetap di Samawa terheran melihat kebiasaan makan yang sangat aneh yaitu menyiram nasi (sber ai’.red) dengan air putih. Sesulit apakah keadaan ekonomi yang melanda paman saya waktu itu sampai-sampai tidak mampu membeli sayur sebagai tambahan lauk untuk makan terlintas di fikiran Ari saat itu. Hal yang lebih ekstrim lagi dialami Tuti (26th) Warga Air Suning yang berkunjung ke rumah keluarganya di Selong Lombok Timur. Ia menuturkan bahwa ketika ia makan bersama kemudian ia menyiram nasinya dengan air, secara spontan keluarganya berkomentar “kamu makannya ko kaya bebek???”. Sungguh saya jadi tersipu dengan komentar itu, saya kemudian menjelaskan bahwa cara ini adalah hal yang sudah lumrah bagi orang samawa. Mereka pun mengiyakan dengan ekspresi setengah percaya dan masih terheran.

Memang cara makan seperti tergolong aneh bagi orang yang belum pernah melihat apalagi belum mencobanya. Masyarakat samawa yang umumnya berprofesi sebagai petani dan sudah berlangsung secara turun menurun mengharuskan mereka sejak pagi buta harus bergegas menuju ke sawah. Oleh karena itu mereka diharuskan untuk sarapan lebih awal. Dikarenakan masa lalu belum dikenal adanya rice coocker ataupun Magic Jar seperti sekarang ini maka ibu rumah tangga harus memasak menjelang waktu makan. Tentunya ini menyebabkan nasi yang disajikan masih dalam keadaan panas, disisi lain mereka juga dikejar oleh waktu untuk segera bergegas menuju ke sawah ataupun ke ladangnya.
Untuk mengatasi keadaan tersebut, alternative yang dilakukana adalah dengan menyiram atau mengguyur nasinya menggunakan air putih. Selain membuat nasi menjadi lebih dingin, sber ai’ juga membuat waktu makan lebih singkat dikarenakan nasi bisa lebih cepat meluncur ke kerongkongan. Selain itu selera makan juga akan bertambah walaupun tidak disertai dengan lauk yang enak. Kalaupun hanya dengan lauk sambal terasi telak Pria (pare dicocol dengan sambal terasi.red) nikmat mangan sber ai’ sudah sangat luar biasa.
Jika kita bicara lauk special ala samawa yaitu Singang yang disajikan sangat nikmat dalam keadaan panas maka akan menjadi tidak cocok jika dinikmati dengan nasi panas juga. Maka cara menikmati yang paling tepat adalah dengan sber ai’ dan singangnya di irup (kuahnya diminum menggunakan sendok.red). Cara lain yang tidak kalah nikmat adalah mangan sber ai’ kemudian irop sepat masakan khas samawa lainnya ungkap Arifin warga seteluk.
Mau mencoba mangan Sber Ai’ ala samawa??dijamin ketagihan deh…dan pastinya tidak butuh lauk yang enak ataupun merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati sensasi mangan Sber ai’. Cukup dengan nasi panas mangan sber ai’ pasti membuat anda ketagihan. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar