KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Selasa, 12 Juni 2012

MASYARAKAT DI PROVINSI LAIN MENGAPRESIASI KEBERADAAN KOMUNITAS KAMPUNG MEDIA


Syamsul Aematis Zarnuji, S.Pd
KM. Serambi brangRea - Beberapa  tahun keberadaan kampung dikancah media elektronik ternyata telah menyedot perhatian yang cukup kuat masyarakat di luar provinsi Nusa tenggara Barat. Bukan hanya sekedar media transfer informasi kampung media juga menjadi sarana komunikasi masyarakat NTB dengan masyarakat di luar NTB. Hal ini terbukti  dengan kesan dan apresiasi yang disampaikan oleh Syamsul Aematis Zarnuji, S.Pd atas keberadaan kampung media ini.

Syamsul nama sapaan akrabnya adalah salah seorang putra kabupaten Sumbawa Barat yang sudah bertahun-tahun tinggal di Kalimantan timur tepatnya di Kota Balikpapan. Pak Syamsul yang kebetulan berdinas di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemerintah daerah Kota Balikpapan ini memang memiliki hoby dalam bidang IT sehingga kebiasaannya menggunakan IT yang mempetemukan ia dengan komunitas kampung media. Syamsul mengatakan bahwa saya sangat terbantu dengan adanya komunitas ini, ada banyak informasi yang tidak saya dapatkan dimedia komersil ternyata bisa saya dapatkan dari komunitas kampung media khususnya lagi komunitas-komunitas yang ada di Sumbawa Barat. Saya yang berasal dari kecamatan seteluk sangat membutuhkan informasi tentang perkembangan daerah saya karena kebetulan saya sudah belasan tahun meninggalkan kampung halaman. Informasi-informasi yang saya perolehpun langsung menuju kepada standar informasi yang saya butuhkan. Ini disebabkan ruang lingkup informasi ataupun berita yang ditayangkan berasal dari informasi kalangan bawah ‘Grass Road’ yang mungkin tidak dijangkau oleh media komersil.
Syamsul juga menambahkan bahwa pada awalnya saya menganggap bahwa komunitas kampung media ini adalah program nasional. Kemudian saya mencoba mencari informasi kepada pemerintah daerah di Balikpapan mengapa di wilayah kita tidak ada komunitas seperti ini. Akan tetapi dari hasil penelusuran, saya ketahui  bahwa komunitas kampung media ini adalah program khusus yang hanya dimiliki oleh Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Saya sangat mengapresiasi akan hal ini. Selanjutnya komunitas ini saya perkenalkan kepada pemerintah di Balikpapan, sekiranya program ini bisa diikuti dan memberikan manfaat yang besar bagi setiap orang yang tidak terbatas akan ruang dan waktu.
Akan tetapi ada sedikit hal yang perlu  menjadi perhatian kita bersama, hal itu adalah masih kurangnya media yang dimilki oleh masyarakat umum untuk bisa mengakses informasi yang sangat berharga ini. Disatu sisi mungkin masyarakat ada kemauan untuk terus menggali informasi dari media online, akan tetapi terkadang fasilitas yang tidak mereka miliki, disisi lain ada fasilitas akan tetapi kemampuan atau kemauan untuk menggunakan media ini yang tidak dimiliki. Oleh karena itu antara factor kemauan dan kepemilikan fasilitas ini harus berjalan seiring.
Mungkin upaya yang dapat dilakukan untuk bisa menumbuhkan minat dan kemauan memanfaatkan media online untuk menggali informasi bisa dilakukan dengan pelaksanaan kegiatan seminar yang melibatkan semua stakeholder yang terkait untuk memasyarakatkan internet sehat, kemudian diikuti dengan memanfaatkan atau memberdayakan secara maksimal Pusat Layanan Internet (PLIK) Kecamatan. Dengan berjalannya kedua upaya ini diharapkan transfer informasi kepada seluruh lapisan masyakarat bisa tercapai dengan baik.
Semangat terus Komunitas kampung Media, sampaikanlah informasi walau sekecil apapun karena mungkin bermanfaat bagi orang lain. Dengan informasi kecil kita bangun perabadan besar. (c_benk vh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar