KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Jumat, 08 Juni 2012

Jalan Setapak Jadi Penghasilan Tambahan


Pak Man sedang Mengolah Lahan sayur
Brang rea yang terkenal dengan pertaniannya ternyata bisa dikembangkan secara optimal oleh Pak Man seorang petani di desa desaberu brang rea. Ini dibuktikan dengan kerja kerasnya dalam memanfaatkan celah lahan kosong untuk menjadi lahan produktif dan menghasilkan rupiah.

Melihat system pertanian di daerah Lombok yang ditandai dengan uletnya para petani dalam memanfaatkan setiap jengkal lahan ternyata telah mampu diadopsi oleh pak Man. Jika dilihat secara sepintas kebiasaan para petani yang ada di daerah brang rea masih kurang optimal memanfaatkan lahan yang ada. Oleh karena itu pak Man mulai berfikir mengapa tidak kita manfaatkan secara lebih optimal lahan yang kita miliki seperti para petani di daerah Lombok.
Pak man mulai memanfaatkan setiap jengkal lahan yang sedang dikelolanya dengan system pertanian tumpang sari dengan harapan akan menghasilkan lebih dari sekedar mengharap hasil dari tanaman padi saja. Tanaman padi yang membutuhkan waktu kurang lebih empat bulan mulai dari penanaman sampai dengan panen bisa diselingi dengan penanaman sayuran seprti timun, tomat, sawi dan sebagainya. Diselang waktu merawat padi pak Man selalu menyiapkan waktu untuk memanfaatkan jalan setapak yang ada di sebelah sawahnya untuk ditanami sayur mayur.
Masa panen sayur mayur yang tergolong sangat singkat ini mampu memberikan kontribusi penghasilan lebih kepada pak man. Setiap hasil panen sayuran ini bisa mecukupi kebutuhan sayuran warga sekitar bahkan sampai dengan pemasarannya di pasar taliwang.  (c_benk vh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar