KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Rabu, 13 Juni 2012

DULU JUAL COBEK KELILING SEKARANG PUNYA LAPAK DI PASAR

Km. serambi brangrea-Amaq salah seorang pedangan di pasar taliwang, dulunya datang mengadu nasib ke taliwang dengan membawa cobek (ulekan. red) yang dijajakan secara keliling ke rumah-rumah warga di kecamatan taliwang. Akan  tetapi pekerjaan yang digeluti  sejak tahun 80-an ini berbuah manis, lapak yang memadai dengan hasil yang lebih besar ternyata mampu untuk menafkahi keluarga dan meyekolahkan anaknya degan layak.

Sore kemarin (selasa/12/6)Amaq sibuk membersihkan bawangnya yang baru saja tiba dari Lombok. Disela-sela kesibukan membersihkan bawangnya itu penulis memulai perbincangan mengenai perkembangan penjualan sayur-mayur di eks pasar taliwang. Setelah perbincangan berlangsung Amaq mulai menceritkan sejarah ia mengadu nasib dari Lombok timur hingga sampai ke Kecamatan Taliwang waktu itu. Ia mengisahkan dulunya taliwang pada tahun 80-an masih sangat sepi  dan tidak seramai sekarang ini yang bisa dikatakan sudah metropolitan. Saya ke taliwang mulanya untuk mejual cobek dengan memikul dari kampung ke kampung. Ya…..walaupun cobek batu ini sangat berat tapi saya terus giat memikul dengan harapan bisa mendapat sesuap nasi.
Hari-hari terus saya lalui dengan berkeliling yang walapun dalam satu hari belum tentu ada barang dagangan saya yang laku. Tapi saya tidak patah semangat, saya terus menggeluti pekerjaan ini hingga beberapa tahun. Akan tetapi yang patut saya syukuri adalah masih ada orang yang bermurah hati untuk mengizinkan saya tinggal di rumahnya tanpa harus membayar. Kemudian pada awal tahun 90-an saya mencoba untuk menjual sayur di pasar taliwang yang kemudian setelah pasar sepi sayur yang belum laku saya jual secara keliling ke dalam kampung.
Namun Alhamdulillah saya tidak pernah patah semangat dalam menggeluti usaha tersebut, walaupun terkadang sayur yang tidak laku membusuk dan mengakibatkan beberapa kali modal saya ikut berkurang. Beberapa kali saya jatuh bangun dalam menggeluti  jual sayuran ini akan tetapi saya terus optimis bahwa suatu akan tiba masa keberhasilan. Amaq menambahkan dengan semangat yang terus saya pupuk ini akhirnya telah membawa saya seperti yang bapak lihat sekarang ini. Saya bisa membeli sebidang tanah untuk investasi, membangun rumah, bahkan sekarang ini anak saya yang sulung sedang sekolah di Pondok Pesantren Kapek Lombok barat. Saya tidak ingin anak saya nantinya mengkuti kondisi seperti saya ini. Saya berniat untuk menyekolahkan anak saya setinggi mungkin bahkan sampai ke perguruan tinggi yang nantinya ia akan mendapatkan kehidupan yang lebih layak dan masa depan yang cemerlang. (c_benk vh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar