KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Rabu, 30 April 2014

Bengkel Seni SMKN 1 Seteluk



KM. Serambi_Brangrea – Salah satu cerita rakyat yang cukup populer di Sumbawa Barat adalah kisah Lala Jinis yang merupakan seorang putri cantik jelita dari kerajaan Datu Seran yang berada di Desa Seran Kecamatan Seteluk dengan seorang pengeran bernama Lalu Diyat. Cerita ini sangat populer karena mengisahkan kisah cinta dua sejoli yang berakhir sedih.

Kisah  ini kemudian diangkat kembali melalui Seni Drama dan Tari (sindratari) SMKN 1 Seteluk yang sangat mengharukan. Sindratari yang hasil karangan guru seni SMKN 1 Seteluk Gufran ditampilkan pada acara Pelepasan siswa kelas XII SMKN 1 Seteluk bertempat di halaman depan sekolah pagi tadi (30/4).
Dalam pementasan sindratari yang berdurasi 25 menit ini membuat penonton terlena seolah ikut masuk ke dalam alur cerita. Lala Jinis yang tidak mau dijodohkan dengan pangeran bernama Ran Pangantan mengharuskan Lalu Diyat bertarung dengannya. Pertarungan yang berlangsung cukup sengit berakhir dengan tewasnya Ran Pengantan sedangkan Lala Jinis dan Lalu Diyat tidak diketahui keberadaannya hingga sekarang ini.  Tentunya hal ini membuat penonton ikut hanyut dalam kesedihan.
Selain Sindratari Lala Jinis ada banyak lagi kisah lain yang telah dikemas dalam sindratari Bengkel Seni SMKN 1 Seteluk. Tidak jarang bengkel seni yang diperankan oleh siswa ini mendapat panggilan untuk pentas pada acara resepsi perkawinan.
Selain upaya melestarikan cerita local, melalui bengkel  seni ini banyak memberikan bekal keterampilan acting kepada siswa serta menjadi wadah penyaluran bakat serta minat siswa ungkap Gufran. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah siswa yang terlibat dalam pementasan seni mulai dari actor sampai penabuh gendang, gong, maupun serunai (alat music tiup khas Sumbawa) juga akan mendapat sedikit rupiah sebagai tambahan uang jajan.
Oleh karena itu bagi siapa saja yang berminat memeriahkan acara resepsi perkawinan dengan penampilan dari bengkel seni SMKN 1 Seteluk bisa langsung menghubungi secretariat bengkel seni di SMKN 1 Seteluk. (a_nie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar