KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Kamis, 24 Mei 2012

Kubur Belo (Panjang) di Kertasari


Ternyata Banyak sejarah terpendam di sekeliling kita  yang belum kita ketahui. Bahkan mungkin kita cuek akan hal itu. “KERTASARI.....” dari desa yang berada di Wilayah Sumbawa Barat di tepatnya kecamatan taliwang ini kami akan mengangkat sedikit cerita yang dipercaya mengandung unsur mistis oleh masyarakat setempat. 
Yaitu “KUBER BELO”  yang mana jika dilihat secara langsung kuburan ini amat panjang mencapai ukuran kurang lebih 4,1 meter sehingga secara logika sangat sulit dicerna adakah manusia setinggi itu. Padahal menurut penuturan warga sekitar yang terdapat di dalam kubaran ini hanyalah sebuah kepala manusia yang ditemukan oleh nelayan setempat saat pergi menjala. Konon kepala manusia ini berasal dari kepala seseorang yang berasal dari “MAKASSAR” yang akhirnya di kuburkan di desa Kertasari. Potongan kepala ini dikuburkan seperti ukuran kuburan biasa pada umumnya. Namun entah mengapa, tiba-tiba batu nisan kuburan itu memanjang. Berkali-kali masyarakat sempat mencoba untuk memindahkannya, namun pada keesokan harinya, kuburan itu malah semakin memanjang sehingga masyarakat setempat menamainya “KUBER BELO” yang dalam bahasa indonesianya adalah “KUBURAN PANJANG” . 
Oleh karenya sampai saat ini masyarakat setempat meyakini bahwa kubur itu adalah kubuaran keramat yang ditandai dengan terlihatnya beberapa sesajian berupa bunga-bunga yang ditaburi di sepanjang kuburan tersebut. Hingga saat ini “KUBER BELO” masih terawat.( Bonet , Rita and Fate)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar