KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Jumat, 24 Oktober 2014

Camat Alas Barat Fasilitasi Pembinaan OSN


KM. Serambi_Brangrea; Semenjak menjabat Camat Alas Barat tahun 2013 lalu Drs. Iwan Sofian telah melakukan berbagai upaya pengembangan potensi wilayahnya. Tidak hanya melakukan pembenahan dari sisi fisik saja, pembenahan sumber daya manusia melalui kegiatan peningkatan kualitas siswa juga dilaksanakan.
Pembinaan sumber daya manusia ditujukan untuk meningkatkan kualitas putra-putra kecamatan Alas Barat yang mampu bersaing hingga ke tingkat nasional. Siswa sekolah dasar se-kecamatan Alas Barat dalam hal ini mendapat kesempatan memperoleh pembinaan melalui bimbingan Olimpiade Sains Nasional (OSN).
Kegiatan yang telah diwacanakan beberapa bulan lalu ini telah terealisasi sejak awal oktober lalu dengan mengadakan kegiatan pretest bagi guru Pembina se-Kecamatan Alas Barat sebagai bentuk pemetaan kemampuan dasar guru Pembina yang mana kegiatan tersebut didasarkan pada hasil rapat umum bersama KUPT Sekolah Dasar, PAUD, Pengawas TK dan SD, Kepala Sekolah serta guru pendamping yang dilaksanakan pada hari rabu 1 oktober 2014 dengan agenda pembentukan panitia Fasilitasi OSN Kecamatan Alas Barat.
Berlatar belakang kegiatan OSN sebagai agenda tahunan pemerintah melaui dinas pendidikan dan kebudayaan dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional maka Pemerintah Kecamatan Alas Barat memandang perlu adanya pembinaan yang dilaksanakan secara terintegrasi.
Minggu (19/10) lalu bertempat di SMPN 1 Alas Barat telah dilaksanakan pretest kepada 52 orang siswa yang mewakili 17 Sekolah dasar sebagai bentuk pemetaan kemampuan awal siswa sebelum diberikan pembinaan lebih lanjut.
Sembari siswa melakukan pretest maka bagi guru pendamping diberikan pembekalan tentang trik menjawab soal OSN yang difasiltasi oleh Dr. Hafit Gunawan selaku fasilitator OSN dari Univeristas Mataram. Dalam pengarahannya Pak Gun Sapaan akrabnya berharap penuh agar putra Alas Barat bisa lolos ke tingkat nasional sebagaimana prestasi tahun 2011 lalu.
Selain itu, ia akan mengusahakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa yang tidak mampu melalui program beasiswa. Hal senada juga diungkapan Camat Alas Barat bahwa kami sangat menaruh harapan kepada putra-putra Alas Barat. Dari segi Intake, alas Barat tidak berbeda dengan anak-anak kota. Sekarang tinggal bagaimana potensi yang ada bisa dikembangkan dan dikelola dengan baik. Selanjutnya siswa yang lolos meraih juara tiga besar di tingkat kecamatan akan dibimbing secara intensif untuk menghadapi OSN tingkat Kabupaten awal tahun mendatang.
Pak Nur salah seorang Pembina dari SDN 1 Mapin Kebak yang berhasil membawa siswanya ke OSN tingkat Nasional tahun 2011 lalu sangat mengapresiasi inisiatif Bapak Camat Alas Barat. Sungguh luar biasa semangat yang beliau (Camat Alas Barat.red) tunjukkan kepada kami, padahal boleh dikata ada banyak permasalahan masyarakat yang harus diselesaikan oleh beliau namun tanpa mengesampingkan masalah tersebut beliau tetap memberikan perhatian penuh demi majunya pendidikan di Kecamatan Alas Barat.
Demikian juga yang diungkapkan Pak Seno guru Pembina OSN SDN 1 Labuhan Mapin bahwa perhatian penuh dari pemerintah alas barat harus disambut dengan baik. Jarang sekali pak Camat mau terlibat penuh dan aktif dalam pembinaan OSN seperti sekarang ini. Kami sebagai guru Pembina akan berusaha sebaik mungkin agar Alas Barat bisa kembali gemilang hingga ke tingkat nasional ujarnya.
Dengan sinergitas yang ditunjukkan oleh pemerintah Alas Barat dengan pihak sekolah harapan agar majunya pendidikan di Alas Barat semoga bisa terwujud. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar