KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Rabu, 12 September 2012

Ide Kreatif Penyebaran Informasi Kampung “versi Serambi Brangrea”


Km. Serambi Brangrea- Sebagian dari misi keberadaan kampung media yaitu sebagai penyedia informasi kampung untuk orang-orang yang tidak mau kampungan dimanapun berada secara umum sudah terealisasi. Ini dapat dilihat dengan adanya informasi yang telah disajikan oleh masing-masing komunitas. Akan tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana informasi yang disuguhkan benar-benar bisa diterima oleh kalangan luas dan tidak hanya terbatas pada kalangan tertentu saja. Oleh karenanya dibutuhkan ide kreatif agar semua informasi dari komunitas bisa sampai kepada semua orang.

Selanjutnya untuk persiapan kegiatan Jambore Kampung Media para sesepuh pengurus melalui dishubkominfo provinsi mengarapkan adanya ide-ide kreatif agar bagaimana informasi kampung ini bisa diteruskan kepada setiap orang terutama orang-orang yang berada di lingkungan komunitas. Kemarin selasa (11/09) anggota komunitas telah mengadakan pertemuan di kantor dishubkominfo Kabupaten Sumbawa Barat untuk membahas masalah ini yang selanjutnya akan dijadikan bahan diskusi pada kegiatan sambung rasa komunitas se-provinsi di mataram 15 september mendatang. Dari kegiatan ini telah dirumuskan beberapa ide kreatif yang mudah-mudahan saja bisa diterima. Kalaupun tidak, rumusan ini akan tetap digunakan pada tingkat komunitas di kabupaten.
Namun ada satu ide kreatif yang dimunculkan oleh komunitas KM. Serambi brangrea untuk penyebaran informasi ini adalah melalui media “MADING KAMPUNG”. Jikalau kita mendengar nama ini kita pasti berfikir ini sudah biasa, paling nanti dibuat mading di tempat keramaian kemudian ditempel informasi-informasi yang lama kelamaan akan tidak terurus dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Akan tetapi media Mading Kampung yang digunakan oleh KM. Serambi brangrea adalah praktek Ajimumpung, ajimumpung????maksdunya????
Ya karena kebetulah basecamp KM. Serambi brangrea selama ini terpusat dirumah motivator yang kebetulan membuka outlet alias konter maka secara tidak langsung akan memberikan dampak terhadap jumlah kunjungan warga ke basecamp ini. Moment Inilah yang dijadikan modal oleh anggota komunitas untuk sekedar menyelipkan informasi kampung ini kepada setiap pengunjung outlet.
Adapun secara teknisnya hanya digunakan sedikit stirofom agar tampak menarik perhatian yang akan menjadi media Mading. Selanjutnya setiap informasi atau berita yang diposting oleh komunitas akan ditempel di mading tersebut. Selama beberapa menit proses belanja atau pengisian pulsa oleh pengujung dapat dipastikan mereka akan celingak-celinguk melihat sekeliling outlet. Dengan adanya tampilan sedikit kontras dan menarik terlihat maka pengunjung ini dengan sendirinya akan tertarik untuk membaca informasi yang disajikan di dalam mading. Ditambah lagi informasi yang disajikan tersebut menyangkut wilayahnya sendiri maka akan menambah motivasinya untuk mengetahui lebih jauh. Ditambah lagi semakin tinggi mobilitas pengunjung maka semakin banyak pula informasi yang tersebar ke dalam masyarakat. Belum lagi apabila informasi tersebut disampaikan dari orang yang telah membaca kepada orang lain di kampung yang mungkin belum membacanya secara langsung.
Demikian ide kreatif atau dikreatif-kreatifkan saja oleh kami komunitas orang kampung yang tidak mau menjadi orang kampungan di brang rea. Semoga bermanfaat. (c_benk vh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar