KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Senin, 27 Februari 2012

PANEN RAYA MENJELANG PETANI RIANG

Petani sedang memanen padi
Senyum indah terukir dibibir para petani yang ada di seputaran Brang Rea mulai dari Desa Bree sampai dengan nanjauh desa Bangkat Monteh. Hal ini tidak lepas dari jerih payah mereka selama ini mulai dari menanam dan merawat tanaman tanaman padi mereka.

Semenjak pertengahan bulan februari lalu merupakan ujung dari penantian para petani selama ini. Mereka sudah memulai menuai hasil tanaman padi yang mana secara umum hasil yang mereka peroleh sangat memuaskan. Selain itu berkah masa panen ini tidak hanya dirasakan oleh petani saja melainkan dirasakan juga oleh masyarakat di luar Brang Rea bahkan sampai dengan dari luar Kabupaten Sumbawa Barat. Ini ditandai dengan banyaknya penduduk dari luar seperti dari Lombok dan Bima yang datang ke Brang Rea untuk ikut menikmati masa panen ini. Mereka kebanyakan datang sebagai tenaga kerja untuk membantu proses panen dikarenakan jumlah tenaga kerja yang ada di Brang Rea tidak sebanding dengan luas lahan siap panen.
Ibu tani pulang dari sawah
Kedatangan para tenaga dari luar ini sangat membantu para petani untuk memanen hasil tanaman padinya dan disisi lain hasil yang diperoleh oleh para tenaga kerja ini tidaklah sedikit. Seperti hasil wawancara kami dengan salah satu tenaga kerja mengatakan bahwa dalam satu hari mereka dapat meraup penghasilan sampai ratusan ribu dan paling sedikit kita bisa mendapat enam puluh ribu. Para tenaga kerja ini biasa memperoleh upah dari proses pemangkasan tanaman padi hingga pengangkutan padi yang sudah dikemas di dalam karung ke tempat pengangkutan oleh kendaraan. Biasanya tenaga kerja laki-laki yang melakukan pekerjaan ekstra ini dan besarnya upah tergantung dari jarak angkutnya. Upah yang biasa diterima berkisar dari 5 ribu sampai dengan 15 perkarungnya.
Masa panen ini biasanya berlangsung sampai dengan satu bulan sehingga para tenaga kerja menyiapkan perlengkapannya tidak asal-asalan. Mereka membawa perlengkapan dapur hingga tenda atau membuat tempat tinggal semi permanen. Biasanya mereka memilih tempat tinggal yang tidak jauh dari lokasi kerja untuk memudahkan jangkauan mereka dengan tempat kerja. Adapun jika mereka mendapat tempat kerja yang agak jauh dari tempat sebelumnya tidak pelak mereka harus berpindah tempat tinggal. Ini mereka lakukan secara kontinu selama masa panen sehingga tidak heran jika kita menjumpai kumpulan orang-orang di setiap tempat. (c_benk vh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar