KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Jumat, 17 Februari 2012

Lebo salah satu Objek Wisata Favorit


Kabupaten Sumbawa Barat memiliki beragam objek wisata yang menawan. Mulai dari wisata pantai seperti pantai pulau kenawa, pantai maluk, pantai rantung, pantai tropi serta pesona berselancar di pantai tongo. Kemudian wisata air terjun di pegunungan brang rea dan air terjun di kecamatan jereweh, selain itu ada primadona wisata yang sangat menarik dan belum banyak mendapat perhatian adalah danau buatan yang merupakan muara dari semua sungai di kecamatan seteluk yang dikenal dengan Lebo.

Objek wisata ini menjadi primadona bagi masyarakat khususnya bagi para pemancing yang dikarenakan lebo memberikan banyak tangkapan ikan. Dari masa-masa sebelumnya lebo juga sudah menjadi salah satu lapangan pekerjaan masyarakat yang ada di desa Meraran. Warga desa Meraran kebanyakan berprofesi sebagai nelayan menggantungkan hidupnya dari Lebo ini.
Pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa barat telah memberikan perhatian dengan dibangunnya kolam yang dimanfaatkan sebagai tempat pemancingan, kemudian berugak sebagai tempat persinggahan atau tempat istirahat para pengunjung. Akan tetapi yang sangat disayangkan adalah pengelolaannya yang belum maksimal, ini dapat dilihat dari fisilitas yang dibangun tersebut terlihat kotor dan tidak terurus, bahkan hanya dimanfaatkan oleh hewan ternak seperti kambing untuk berteduh.  Ditambah lagi dengan banyaknya eceng gondok yang hampir menutupi permukaan air menambah kesan kurangnya pengelolaan terhadap lebo ini, padahal jika dilihat di daerah lain tanaman eceng gondok bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan seperti keranjang, tikar, tas serta pernak pernik menarik lainnya.
Untuk dapat memanfaatkan secara maksimal potensi ini diperlukan tenaga terampil dari pengrajin yang bisa didatangkan dari luar Sumbawa Barat, sekaligus menjadi pelatih bagi masyarakat sekitar untuk bisa memanfaatkan tanaman ini. Jadi dari kegiatan ini bisa diambil beberapa manfaat sekaligus yang pertama permukaan air di lebo menjadi lebih bersih kemudian tanaman eceng gondok bisa menjadi kerajinan daerah sekaligus membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar yang dengan sendirinya bisa menambah pendapatan daerah. (c_benk vh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar