KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Senin, 04 November 2013

Pelaksanaan Test CPNS Aman dan Lancar

KM. Serambi_Brangrea – Saat dimana penentuan masa depan sudah di depan mata, minggu kemarin (3/11) ribuan orang di seluruh Indonesia mengikuti test seleksi Calon Pegawai Negeri  Sipil (CPNS). Di Kabupaten Sumbawa Barat Sendiri pelaksanaan test  tulis bertempat di sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Taliwang dan Kecamatan Brang Ene. Secara umum pelaksanaan test tulis ini berjalan aman dan lancar.
Materi Ujian Tulis bagi pelamar umum adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD) sesuai PERKA BKN No. 9 Tahun 2012 yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi  yang diikuti oleh 2.360 orang. Sedangkan untuk Peserta Kategori 2 (K2) selain Mengikuti test Kompetensi Dasar (TKD) juga harus mengikuti Tes kompetensi Bidang (TKB) dengan jumlah perserta 1.280 orang.
Waktu pelaksanaan test sendiri dimulai dari pukul 08.00 wita sampai dengan pukul 11.00 wita untuk pelamar umum, sendangkan untuk peserta K2 test kompetensi Dasar dimulai dari pukul 08.00 wita sampai dengan pukul 12.00 Wita. Test kompetensi bidang sendiri dimulai dari pukul 13.00 sampai dengan pukul 15.00. Salah seorang panitia yang bertugas di MTsN Taliwang mengungkapkan bahwa secara umum peserta tidak mengalami kendala dalam menjawab pertanyaan yang tertera dalam lembaran soal. Hanya saja karena kemampuan dan konsentrasi yang sudah berkurang dikarenakan factor usia yang menyebabkan lambannya proses pengisian lembar jawaban sehigga waktu pengumpulan lembar jawaban sempat molor beberapa menit.
Hal senada diungkapka oleh salah seorang peserta Suherman bahwa karena rata-rata yang mengikuti seleksi kategori 2 sudah usia tua maka peserta terkendala pada kecepatan dalam menjawab soal. Ia menambahkan juga bahwa pada Test Kompetensi Dasar bisa dikatakan tidak terlalu kesulitan dalam menjawab soal, hanya saja ketika Test Kompetensi Bidang banyak sekali hal-hal yang terkait nama benda yang digunakan selama ini tidak saya perhatikan ketika melaksanakan tugas, khususnya pada bidang saya sebagai Tata Usaha. Ya harapan saya nilai pada test kompetensi Dasar bisa membantu nilai secara keseluruhan.
Harapan lulus seleksi sebagai CPNS pastinya terbesit dalam hati dan angan seluruh peserta. Ini merupakan hal yang wajar, akan tetapi seleksi yang dilakukan secara objektif tanpa adanya unsur-unsur kecurangan adalah suatu keharusan. Setiap warga berhak untuk mendapat kelulusan tanpa harus membedakan orang local ataupun orang luar. Semoga saja hasil yang di tunggu bisa sesuai dengan harapan. (tu_ti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar