KM All In One

KM Serambi Brang rea melayani aneka Jasa seperti Instal Ulang Leptop, Print, Internet, Pulsa, Cetak Foto, Cetak Undangan, Laundry, Menjual/Menerima Pesanan Aneka Kue. Sekretariat : Jl. Baso Busing Desaberu Dsn Dangar Permai Hp: 081915984745/085338575577

Kamis, 22 November 2012

Untuk Apa Sih Pake Helm???

Pengendara yang tidak menggunakan Helm

KM. Serambi_Brang Rea – Judul di atas mungkin agak nyeleneh karena jika dibaca sepintas akan terkesan sikap yang tidak mematuhi aturan berkendara dan dapat membahayakan jiwa pengendara. Akan tetapi inilah realita yang tidak sedikit kita jumpai sehari-hari. Kebanyakan pengendara sepeda motor “menggunakan helm hanya untuk Pak Polisi”. Seperti terlihat tadi pagi (21/11/12) bertempat di Bundaran Jembatan Dalam ketika Ditlantas Polres Sumbawa Barat melakukan pemeriksaan rutin terhadap pengendara sepeda motor ada pengendara yang dari rumah memang sudah membawa helm akan tetapi hanya digantung pada sepeda motornya dan setelah mengetahui ada pemeriksaan alias razia di depan barulah ia menggunakan helmnya tersebut.

Memang bisa dikatakan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan helm masih kurang. Para pengendara kebanyakan menggunakan helm hanya untuk menghindari razia, padahal dari segi fungsi helm tersebut sangatlah besar untuk keamanan pengedara. Terutama pada kalangan pelajar, menggunakan helm itu terkesan norak dan kampungan alias kurang gentel. Sehingga kebanyakan dari pelajar ini yang mengabaikan menggunakan helm.  Padahal tidak jarang kita mendengar dan melihat secara langsung atau melalui tayangan televisi korban kecelakaan khususnya sepeda motor akan semakin parah apabila tidak menggunakan helm. Hal ini diakibatkan benturan kepala dengan benda keras akan berakibat fatal.
Oleh karena itu peran orang tua serta pihak terkait sangat dibutuhkan dengan terus mensosialisasikan serta membiasakan putra-putrinya agar selalu menggunakan helm jika akan mengendarai sepeda motor. Contoh dari orang dewasa juga berperan penting untuk menumbuhkan kesadaran bagi para pemula akan pentingnya menggunakan helm ini. Selain itu pengawasan orang tua serta cara menyayangi anak dengan memberikan kendaraan sebelum cukup usia dirasa kurang pas. Selain karena belum matang dalam berfikir rasa ingin tampil dan menemukan jati diri mendorong si anak untuk mengeskplorasi apa yang ia miliki termasuk kendaraannya. Sehingga tidak sedikit kita jumpai pengendara sepeda motor yang belum cukup umur memacu kendaraannya dengan sangat cepat tanpa menghiraukan pengendara lainnya. Mari bersama kita ciptakan kebiasaan menggunakan helm demi keselamatan dan kenyamanan berkendara. (c_benk VH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar